Tips Memilih Bengkel Motor Terbaik



Motor adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan di Indonesia. Termasuk aku juga sering pakai motor untuk bepergian. Mulai dari antar  jemput anak sekolah, ke pasar, ke mana-mana deh pokoknya.
Tapi terus terang sih kalau soal perawatan motor aku kurang paham, taunya cuma pakai motor aja. Ada yang samaan kayak aku?
Padahal perawatan motor penting banget supaya motor gak gampang rusak dan mesinnya juga awet.

Jadi biasanya aku rutin untuk melakukan perawatan motor maticku di bengkel.
Eh tapi kita juga harus teliti lho dalam memilih bengkel. Jangan pilih bengkel motor yang asal-asalan aja, harus pilih bengkel yang terbaik.

Mencari bengkel motor terbaik ternyata cukup sulit dilakukan, karena banyak oknum bengkel yang gak bertanggung jawab dengan mencurangi serta berbohong pada konsumen. Belum lagi kalau ada mekanik di bengkel memberikan harga lebih tinggi dibandingkan harga pasaran demi mendapatkan untung yang lebih besar.
Apalagi kalau konsumen yang datang perempuan atau emak-emak yang jarang tahu harga suku cadang motor. Wah bisa jadi sasaran empuk bagi oknum bengkel nakal.
Kadang nih mereka menjelaskan kepada konsumen ada suku cadang yang perlu diganti, padahal suku cadangnya  masih dalam kondisi bagus. Tapi karena memang gak paham  tentang kondisi suku cadang motor membuat beberapa konsumen mengikuti apa yang dikatakan mekanik.
Bila kondisi seperti ini terjadi, kerugian yang dialami mungkin gak sedikit. Apalagi jika mengetahui harga sebenarnya, pasti menyesal banget sudah berkunjung ke bengkel tersebut.

Jadi supaya kita gak salah datang ke bengkel, berikut adalah beberapa tips memilih bengkel motor terbaik, tanpa takut untuk dicurangi.

Tips Memilih Bengkel  Motor Terbaik

1. Harga Jujur dan Transparan
Tak banyak bengkel yang memberikan harga secara terang-terangan kepada calon konsumen. Kita sebagai konsumen harus aktif bertanya secara langsung kepada staf atau mekanik bengkel tentang harga produk serta layanan yang ingin dibelanjakan. 
Lebih baik sebelum ke Bengkel, pastikan sudah melakukan riset mengenai harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan. Sehingga saat harga suku cadang di luar ekspektasi, kita bisa menolaknya atau membandingkan dengan harga yang sudah kita ketahui sebelumnya.

2. Mekanik Profesional dan Handal
Hal lain yang perlu kita ketahui dalam memilih bengkel motor adalah mekanik yang handal dalam memperbaiki sepeda motor. 
Mekanik yang mengerti seluk beluk sepeda motor secara menyeluruh, akan membuat kita lebih percaya untuk memperbaiki motor di bengkel tersebut.
Selain itu kita bisa mendapatkan jawaban yang puas atas segala pertanyaan maupun keluhan tentang motor kita.

Kalau ingin tahu apakah bengkel tersebut memiliki mekanik profesional dan handal, kita  bisa memberikan beberapa pertanyaan mengenai masalah motor, tapi kita sudah mengetahui jawabannya dan apa yang perlu dilakukan.
Kita bisa mencocokan dengan apa yang menjadi jawaban dari Mekanik tersebut dengan pengetahuan yang kita tahu mengenai kerusakan pada motor. 
Pastinya jawaban mekanik yang meyakinkan membuat kita akan balik lagi ke bengkel tersebut.

3. Peralatan Modern
Tips memilih bengkel motor terbaik berikutnya, kita bisa melihat dari perlengkapan yang ada di bengkel, dengan peralatan modern tentu menjamin bahwa pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif.

Selain itu bengkel yang memiliki perlengkapan modern membuat suku cadang sepeda motor lebih aman saat dilakukan perbaikan.
Misalnya jika kita ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (Alat, melepas dan memasang ban) di bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman, karena tidak baret atau lecet oleh alat congkel untuk melepas ban.
Bahkan alat congkel ban, bisa membuat velg menjadi cacat menyebabkan kondisi ban akan selalu bocor setelah di pasang.
Nah, pastikan bengkel yang kita kunjungi memiliki perlengkapan modern, membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.

4. Kelengkapan Suku Cadang
Bengkel yang terpercaya dapat dilihat dari kelengkapan suku cadang yang tersedia di bengkel.
Bengkel yang lengkap tentu memudahkan kita dalam mendapatkan suku cadang dan layanan secara lengkap dan menyeluruh.
Kelengkapan suku cadang memberikan kenyamanan dan kemudahan, karena kita gak
perlu beralih ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang mungkin perlu diganti saat melakukan perbaikan di bengkel tersebut.

5. Jaminan Garansi
Mendapatkan bengkel yang memiliki garansi dari layanan maupun suku cadang-nya memang bukan hal yang mudah.
Bengkel terpercaya berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan terhadap motor kita.

Bengkel yang baik dan terpercaya akan memberikan jaminan kepada para pelanggan atas apa yang mereka kerjakan. 
Dengan adanya garansi, kita bisa kembali ke bengkel tersebut untuk
memperbaiki keluhan dan masalah pada motor jika sewaktu-waktu motor mengalami kendala
setelah melakukan perbaikan. Atau adanya kerusakan suku cadang padahal belum sampai 7 hari digunakan.

6. Jam Operasional Panjang
Mencari bengkel yang buka sampai malam gak mudah, lho. Padahal kita gak pernah pernah tahu kapan motor mengalami masalah. 
Belum lagi kalau kita baru bisa pergi ke bengkel di jam pulang kantor.
Menemukan bengkel yang buka sampai malam jarang banget ya. 
Bengkel dengan jam operasional panjang menjadi solusi buat kita yang mengalami kendala sepeda motor atau baru sempat ke bengkel selepas pulang kantor. Ini memudahkan sekali gak perlu pusing lagi untuk segera memperbaiki motor yang bermasalah karena bengkel masih buka sampai malam.

7. Berbagai Metode Pembayaran
Saat ini jarang sekali pergi kemana-mana bawa uang tunai dalam jumlah banyak. Begitu juga saat kita pergi ke bengkel untuk memperbaiki motor. Sebenarnya sudah bawa uang tunai, tapi sampai bengkel ternyata jumlah pembayaran melebihi jumlah uang tunai yang sudah di tarik dari ATM.
Daripada membawa uang tunai, sebaiknya kita membayar transaksi di bengkel dengan metode
pembayaran lainnya atau metode non tunai. Namun memang masih jarang, sih menemukan bengkel-bengkel yang bisa pembayaran selain tunai.
Tapi sekarang bengkel-bengkel modern sudah ada yang memiliki metode pembayaran non tunai (debit dan e-wallet). Sehingga ini memudahkan kita dalam proses pembayaran tanpa harus membayar tunai.

Tak semua bengkel yang kita temui bisa sesuai tips-tips di atas, namun kita bisa merasa lebih nyaman memperbaiki motor di Planet Ban.
Jadi secara gak sengaja aku pulang dari suatu acara menemukan Bengkel Planet Ban yang ternyata gak terlalu jauh dari rumah.
Aku melihat banner di salah satu Bengkel Planet Ban dengan tulisan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”.
Wah rasa penasaranku pun muncul, akhirnya weekend kemarin aku mencoba untuk datang ke Bengkel Planet Ban tersebut. 
Kebetulan memang saat itu sudah waktunya servis sepeda motor. 
Aku melipir ke Bengkel Planet Ban dan mencoba bertanya-tanya ke mekanik di Bengkel mengenai tulisan banner tersebut.




Mekanik menjelaskan mengenai Servis rasa Mesin Baru merupakan konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servis. 
Jadi Servis Rasa Mesin Baru merupakan konsep yang berbeda dari servis motor pada umumnya.
Pada proses servis, ternyata mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor. Melainkan
menggunakan cairan khusus yang telah tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.

Berikut ini beberapa bagian yang diservis, terdiri dari:
● Servis Mesin
● Servis Throttle Body
● Servis CVT / Rantai
● Servis Injeksi

Oya buat yang belum tahu nih, kalau Planet Ban sekarang gak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap.
Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban, lho.
Harganya juga transparan, karena bisa di cek langsung di website resmi Planet Ban, planetban.com
Kita juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.
Planet Ban bisa menjadi Bengkel pilihan buat kita yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari Bengkel Motor. 
Ada banyak kelebihan memperbaiki motor di Planet Ban, yaitu mekanik profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. 
Jadi aku rekomendasikan ke Planet Ban aja, untuk seluruh kebutuhan sepeda motor.

Planet Ban juga memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kita dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :

- Gratis biaya pemasangan ban
- Gratis jasa Servis dan Ganti Oli
- Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
- Kita juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya.

Asyiknya lagi kita juga bisa mendapatkan voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban.
Caranya klik tautan berikut ini, ya;




23 komentar:

  1. Saya pernah kerja di bengkel motor, dan memang kadang montirnya nyaranin ganti onderdil padahal sebenarnya masih bisa diperbaiki dan tahan dipakai beberapa lama. Katanya membantu pemilik bengkel biar dagangannya laku. Tapi onderdil yang murah aja macam lampu dan kawat rem, yang mahal gak berani montirnya.

    BalasHapus
  2. Satu satunya kekurangan Planet Ban adalah kurang gencar promosinya :) tentu artikel ini bagian dari promosi tapi masih banyak yang belum tau bahwa Planet Ban bukan sekedar toko Ban dan sejumlah suku cadang general (bukan bengkel).Jika ikut tren di media sosial, ada beberapa bengkel yang secara transparan promosi secara soft selling, dengan cara memberikan catatan kepada konsumen beserta harga hal hal yang diganti di kendaran, sekaligus mengkampanyekan "montir jujur" :)

    BalasHapus
  3. Apalagi saya udah mah gabisa naik motor mana pula ngerti perbengkelan. Paling enak tinggal naik aja diboncengin. BTW, deket rumah bgt ada Planet Ban. Bengkelnya memang ckp besar terlihat banyak suku cadang berjejer

    BalasHapus
  4. Bersyukur banget di daerahku sudah ada planet banini. Sehingga memudahkan aku dalam service motor. Layanannya juga lengkap dan sudah sangat modern. Semoga bisa buka di banyak tempat. Aamiin.

    BalasHapus
  5. Garansi ini sih yang paling penting. Soalnya pernah dulu servis motor di bengkel deket rumah, abis servis enak. Eh, beberapa hari kemudian kok nggak enak dan mesinnya kasar. Akhirnya balik lagi dan diservis ulang.

    BalasHapus
  6. Walaupun seorang wanita, tapi kalau kita punya motor maka wajib paham hal dasar tentang motor. Mengetahui bengkel tebaik dan terpercaya untuk motor seperti planet ban termasuk hal dasar menurut saya. Jadi kalau ada masalah motor, bisa langsung melakukan perbaikan di sana tanpa rasa takut ditipu.

    BalasHapus
  7. milih bengkel emang kadang rada ribet, apalgi klo pindah domisili, tp klo udah dapet tempat yang enak hasil okey, biasanya saya langganan di situ

    BalasHapus
  8. Makasih sharingnya, paksu selalu cari bengkel yang bisa dioercaya karena banyak montir suka cari2 kerusakan padahal gak ada. Trus cari yang dekat rumah biar gampang menghubunginya

    BalasHapus
  9. Kalo ngomongin soal servis motor sama cewek itu berat deh hahaha... list ke 1178 sekian lah setelab beli skincare wkwkwk
    Bukan ga mau sebenernya cuman gak tau aja seluk beluk motor. Makanya bengkel paling aman dan terpercaya ya planet ban udah paling beat lah.

    BalasHapus
  10. Eh bener loh. Milih bengkel motor jangan sembarangan. Jangan sampai motor kita yang hanya butuh diservis malah nambah biaya disuruh ganti ini itu hanya karena teknisinya masih abal-abal.

    BalasHapus
  11. Jarang banget kan ada bengkel motor yang bisa kasih potongan dalam bentuk voucher. Cuss servis motor di Planet Ban deh!

    BalasHapus
  12. Penting banget memilih bengkel motor terbaik
    Agar motor kita bisa terawat dengan baik ya

    BalasHapus
  13. Aku belum pernah sih service disini, cuma akhir tahun lalu ganti ban memang disini. Sepertinya bagus juga yaa bengkelnya untuk service rutin. Thanks ka infonya

    BalasHapus
  14. Yup, planet ban emang terbaik sih. mulai dari pelayanannya sampai harga pun terjangkau dan transparan pula.

    BalasHapus
  15. Aku selalu ke Planet Ban kalau mau servis motor. Kapok soalnya pernah ditipu oknum bengkel jahat

    BalasHapus
  16. Kalo mekaniknya aja profesional maka saat kendaraan kita diservis jadi bikin tenang karena ditangani oleh yang ahlinya sesuai dengan kondisi. Gak asal²an gitu ya

    BalasHapus
  17. aku termasuk yang tahunya cuma makai, mbak. dan kadang kalau ke bengkel kalau motornya sudah parah banget trus sama mekaniknya akhirnya disuruh ganti macam-macam deh. he

    BalasHapus
  18. Servis motor rutin itu memang penting ya. Rutinitas ganti oli, cek angin ban, dan cek-cek part yang memang saatnya diremajakan gak boleh dianggap enteng. Planet Ban ini bagus juga sih, selain spesialis ban, mereka juga ada bengkelnya ternyata ya. Jadi seperti one stop shopping place untuk motor.

    BalasHapus
  19. bener banget sih harus hati-hati memilih bengkel motor jangan asal pilih yang murah dan cepat tapi hasilnya bikin gemes, hiks. pengalaman soalnya. yang pasti - pasti aja dan udah trusted seperti di planet ban ini

    BalasHapus
  20. bener banget sih harus hati-hati memilih bengkel motor jangan asal pilih yang murah dan cepat tapi hasilnya bikin gemes, hiks. pengalaman soalnya. yang pasti - pasti aja dan udah trusted seperti di planet ban ini

    BalasHapus
  21. Kalo untuk wanita, memang bagusnya ke bengkel yg trusted seperti kriteria di atas ya mba. Krn riskan banget, suka dikerjain ama staff bengkel. Dipikir ga paham harga dan sparepart.

    Makanya aku sendiri selalu
    serahin suami kalo urusan mobil dan motor. Kebetulan dia juga paham, jadi taulah mana bengkel yg terpercaya dan yg tidak.

    Sayangnya planet ban ga ada deket rumahku. Jadi sekarang ini kalo service rutin motor dan mobil jadinya ke bengkel resmi mobil dan motor.

    BalasHapus
  22. Motor udah kaya sahabt buat aku mom, apalagi dia nemenin kemana aja dan selalu jadi teman ke luar kota. Jadi memang harus diperhatikan dan dimanja di bengkel.

    BalasHapus
  23. Sekarang udah banyak info soal Planet Ban ya emang bengkel terbaik deh bisa pilih lokasi terdekat dan servisnya amanah nih.

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)