Ote-ote


Ada yang tahu ote-ote ? Ote-ote adalah jenis gorengan yang terbuat dari tepung terigu. Dulu saat aku masih kuliah di Malang aku baru tahu kalau gorengan ini juga disebut wechi.
Nah, malam ini papito pengen dibikinin cemilan. Hedeehh malem-malem bikin cemilan ?
Setelah aku mengintip dapur ada tepung terigu, wortel dan tauge/kecambah. Yang langsung terlintas adalah membuat ote-ote.
Sudah pernah membuat ote-ote ? Gampang bangett..
Aku berhasil membuat ote-ote dan lumayan sukses bahkan lariiss maniiss...hehehe..

karena ote-otenya sudah habis duluan sebelum difoto jadi aku comot penampakan ote-ote dari sini

BAHAN
  • 250 gr tepung terigu
  • air secukupnya
  • 1 buah wortel parut kasar atau diiris tipis
  • 1 genggam kecambah
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Boleh juga ditambahkan sedikit bumbu penyedap
  • Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT
  • Campur tepung dan air aduk hingga cukup kental (jangan terlalu encer)
  • Tambahkan air, irisan wortel, tauge dan bawang
  • Beri gula, garam, dan bumbu penyedap secukupnya
  • Panaskan minyak, beri sedikit minyak pada cetakan lalu tuang adonan dan goreng
  • Angkat ote-ote jika sudah bewarna kecoklatan
  • Ote-ote siap disajikan
TIPS:
Agar adonan tidak lengket di cetakan, saat memanaskan minyak, rendam cetakan di dalam minyak panas tersebut

Nah mudah kan..selamat mencoba :)


1/4 kg tepung terigu
3 buah wortel
1 mangkuk kecambah
1 batang daun seledri
Bumbu :
1 sendok makan garam
1 siung bawang putih
4 butir merica
penyedap secukupnya

Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu.
  2. Kupas wortel, iris halus/ parut kasar
  3. Tepung terigu dicampur dengan irisan wortel, uleni, masukkan kecambah.
  4. iris halus daun prey, masukkan pada adonan.
  5. Campur bumbu pada adonan, aduk.
  6. Panaskan minyak, masukkan irus, jangan terlalu penuh (sendok sayur yang setenless) kedalam minyak.
  7. Ambil adonan dengan irus, jangan terlalu penuh, masukkan pada minyak, goreng perlahan gagang irus, biarkan adonan terlepas dengan sendirinya.
  8. Angkat jika ote-ote sudah mengembang dan berwarna kecoklatan, tiriskan.
  9. Gidangkan dengan ditemani lombok lalapan, cabe muda.
- See more at: http://gudangmasakan.blogspot.com/2010/06/resep-ote-ote.html#sthash.5LIIwgCI.dpuf
1/4 kg tepung terigu
3 buah wortel
1 mangkuk kecambah
1 batang daun seledri
Bumbu :
1 sendok makan garam
1 siung bawang putih
4 butir merica
penyedap secukupnya

Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu.
  2. Kupas wortel, iris halus/ parut kasar
  3. Tepung terigu dicampur dengan irisan wortel, uleni, masukkan kecambah.
  4. iris halus daun prey, masukkan pada adonan.
  5. Campur bumbu pada adonan, aduk.
  6. Panaskan minyak, masukkan irus, jangan terlalu penuh (sendok sayur yang setenless) kedalam minyak.
  7. Ambil adonan dengan irus, jangan terlalu penuh, masukkan pada minyak, goreng perlahan gagang irus, biarkan adonan terlepas dengan sendirinya.
  8. Angkat jika ote-ote sudah mengembang dan berwarna kecoklatan, tiriskan.
  9. Gidangkan dengan ditemani lombok lalapan, cabe muda.
- See more at: http://gudangmasakan.blogspot.com/2010/06/resep-ote-ote.html#sthash.5LIIwgCI.dpuf

49 komentar:

  1. jujur saya baru denger, n saya juga baru denger apa itu wechi :D
    makasih buat sharenya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama..lain kali cobain juga yaa ^_^

      Hapus
  2. sama kaya bala-bala gak ya,, soalnya di tempat saya, yang kaya gitu namanya bala-bala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kyknya nama aliasnya bala-bala juga ^_^

      Hapus
  3. Balasan
    1. kalo di tempatku bakwan terbuat dari jagung ;)

      Hapus
  4. Kalau cetakannya baru pertama kali, perlu diapain ya mbak biar gak lengket?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikasih minyak panas mbak biasanya biar gak lengket :)

      Hapus
  5. oh kayak Bakwan ya jeng, itu ote-otenya dicetak ya?? kok seragam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak pake cetakan mbak..aku pake sendok sayur yang bulet cekung itu trs dicelup ke minyak panas..

      Hapus
  6. Paling suka Mak..ote ote..bakwan dan sejenisnya..apalagi pakai udang di atasnya..wah..tambah suka dan gurih,,BTW..cake Mak Enny ote2nya..sama besar rapi..aku suka belepotan klu nyetak pakai sendok sayur..hihi..suka lengket2 soalnya..jadi kadang..langsung dech di sendokin aja ke minyak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku biasanya pake sendok sayur bulet itu mak..dicelupin ke minyak panas..harus dgn penuh kesabaran biar bulet nya bagus..hihiihi

      Hapus
  7. iya kalo di malang namanya wechi mbak hehe,, tapi di gorontalo namanya bakwan sayur dan ga pake dicetak cuma disendokin,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak aku baru tau pas kuliah di malang kalo ote2 disebut wechi disitu :))

      Hapus
  8. kayak bakwan ya, bun. dulu pernah liat yang dicetak bulet begini, cuma baru tau namanya beda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak kayak bakwan..eh atau ada yg nyebut ini bakwan jg ^_^

      Hapus
  9. Kayak bakwan ya mak.....enak juga tuh...bolehlah di coba.... :-)

    BalasHapus
  10. Seperti bakwan ya... tapi kalau bakwan ditambah kol.
    Biasanya saya kalau bikin bakwan: terigu, wortel, kol, daun bawang, garam. Semua bahan dicampur, diaduk lalu di goreng, di makannya bisa pake cabe rawit, tapi saya lebih suka memakannya pakai sambal kacang. Hmm... sedaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake sambal kacang belum pernah nyoba mbak..biasanya pake cabe aja..
      hhhmmm gimana rasanya pake sambel kacang ya..penasaran... ^_^

      Hapus
  11. Di daerahku Samarinda juga disebut ote-ote mba :) suka banget cemilan ini apalagi kalau banyak sayurnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku juga suka kalo banyak sayurnya..jgn lupa cabenya :))

      Hapus
  12. ote ote itu temennya bakwan dan balabala kan yaaaa hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain ote-ote, bakwan dan bala-bala disebut juga hongkong mak :))

      Hapus
  13. yeeesss... sama kita nyebutnya ote-ote :D

    BalasHapus
  14. ote ote, pia-pia, hecy ternyata kok yo podo wae to yo mbak yuuuu ^_^

    BalasHapus
  15. aku nyebutnya bakwan aja mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ditempatku bakwan terbuat dari jagung mb :)

      Hapus
  16. enak nih,mauuuu....cocok disantap siang2 gini mbk :D

    BalasHapus
  17. ote ote = bahasa suroboyoan

    wechi = bahasa trenggalek'an

    heci = bahasa kedirian

    kalo bahasa madura saya lupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo madura mungkin teote, mas.. *ngawuurr :D

      Hapus
  18. Penampakannya mirip Bakwan, Mba. . .:)
    Kesukaan saya tuuuuh. .. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita satu selera, mbak..selera nusantara.. :D

      Hapus
  19. Balasan
    1. iya mb lid..ada yg menyebutnya bakwan sayur juga :)

      Hapus
  20. Bakwan sayur... pakai cabai rawit ceplus.. duuuh sedap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakwan sayur + cabe rawit = soulmate :))

      Hapus
  21. kalau namanya sih baru denger. Tapi kalau lihat bahan yang digunakan, rasanya pasti nggak jauh beda dengan bakwan atau pia-pia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas..ada yg nyebut bakwan atau pia2 juga :)

      Hapus
  22. Saya pastinya tau ote2 karena suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pak mars suka ote2 juga..cabenya jgn ketinggalan pak.. :))

      Hapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)