Mengenal Berbagai Jenis Office Partition


Di kantor biasanya terdapat pembatas yang membagi ruangan kantor menjadi beberapa bagian. Salah satu yang umum ditemukan adalah officepartition (sekat kantor) yang fleksibel karena bentuknya bisa dirubah-rubah serta gampang untuk dipindahkan. Bahan yang digunakan pun berbeda-beda tergantung kebutuhan. Ada yang hanya sementara saja namun juga ada yang permanen.

Jenis-jenis sekat partisi yang umum ditemukan

Pembatas kantor biasanya digunakan untuk tujuan kenyamanan karyawan. Dengan ruangan yang lebih private maka karyawan akan lebih fokus bekerja. Sekat seperti ini umumnya ditemukan di kantor-kantor, ballroom hingga rumah ibadah tergantung modelnya. 
Berikut beberapa jenis partisi yang umum ditemukan di kantor.

1. Partisi model bilik
Bentuk partisi ini merupakan yang paling umum ditemukan terutama di perusahaan-perusahaan besar. Model partisi ini berbentuk persegi panjang yang memiliki 2-3 ruangan memanjang dalam satu rangkaiannya. Meskipun ada yang menganggapnya sedikit kuno tapi model ini masih banyak digunakan.
Model ini sering dipilih karena dianggap lebih sederhana serta mudah dipindahkan. Biasanya, dalam ruangnya yang cukup besar 1 rangkaian bisa diisi oleh 3 ruangan dengan 4 dinding serta space yang cukup lebar sebagai jalan keluar masuk.

2. Sekat model portable
Model portable sangat cocok digunakan oleh kantor yang sering berpindah-pindah sebab bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Hal ini membuat Anda tidak perlu membeli furniture baru tiap kali pindah kantor sehingga bisa menghemat pengeluaran.

3. Sekat accordion
Dari segi model dan cara kerjanya, sekat ini sekilas mirip dengan sekat model portable. Namun, tipe sekat ini memiliki keunggulan sendiri yaitu bisa diatur dan dibuka sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Karena konsepnya yang cukup fleksibel maka sekat tipe ini dirasa cocok digunakan di kantor yang memiliki ruangan terbatas.
Dari segi desain, sekat ini bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai contoh, Anda bisa memilih desain berhadapan untuk 4 ruangan. Desain ini memungkinkan pekerja lebih berkonsentrasi karena memiliki penghalang yang lebih baik.

4. Sekat dari kaca
Material kaca sebenarnya lebih sering digunakan sebagai bingkai dan sekat di tengah-tengah partisi. Dibandingkan dengan material lainnya, penggunaan kaca lebih menguntungkan karena kedap suara sehingga tidak mengganggu konsentrasi.
Partisi menggunakan kaca biasanya ditujukan untuk ruangan-ruangan penting seperti ruangan rapat atau ruangan petinggi perusahaan. Hal tersebut bertujuan agar pegawai bisa bebas bekerja tanpa takut suaranya terdengar dari luar.

Pentingnya sekat partisi saat pandemi

Di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini penggunaan partisi tidak hanya ditemukan di kantor saja. Di berbagai rumah sakit, sekolah hingga supermarket besar kerap menggunakan partisi untuk meminimalisir penularan Covid-19.
Material yang digunakan pun bervariasi tergantung kebutuhan. Ada yang menggunakan material kaca atau plastik tebal yang bening sehingga lebih memudahkan interaksi sesama pegawai. Sementara itu, ada juga yang menggunakan lembaran plastik tebal sebagai sekat.

Untuk di kantor sendiri, mengingat saat ini banyak kantor yang tidak memiliki penyekat antar karyawan sebaiknya mulai diusahakan untuk menggunakan sekat yang lebih rapat. Selain bisa mengurangi kemungkinan penularan Covid-19, pemasangan sekat juga bisa menambah rasa aman sehingga pegawai bisa lebih fokus bekerja.

Mengingat saat ini sekat kantor sangat diminati maka wajar jika ada beberapa perusahaan furniture yang menaikan harga dengan berbagai alasan. Namun, sebenarnya jika Anda jeli dalam mencari masih banyak perusahaan yang menawarkan jasa sekat kantor dengan harga yang bersahabat.

Salah satunya adalah arkadiafurniture.co.id yang memberikan produk berkualitas tinggi dengan harga bersahabat. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, perusahaan ini menawarkan officepartition yang sesuai dengan kebutuhan Anda baik itu model bawaan perusahaan ataupun custom. Jadi perusahaan tersebut sangat direkomendasikan bagi Anda yang peduli terhadap kualitas.


11 komentar:

  1. Iya ya benar sekali, sekat di kantor sangat dibutuhkan dimasa pandemi ini,, Membantu para karyawan lebih nyaman dan aman bekerja yah kak ^^

    BalasHapus
  2. Kangen kerja kantoran deh baca ini, tapi udah imposible banget kayaknya hihihi.
    Saya dulu kerja di kantor nggak pakai partisi sih, udah gitu liat-liatan, tapi memang jauh-jauhan sih, kebetulan ruangannya luas juga.
    Tapi office pakai partisi gini menarik banget :)

    BalasHapus
  3. Sekat portable paling banyak digunakan di coworking space, termasuk tempat kerja saya juga

    BalasHapus
  4. Pakai sekat gini memang bikin tempat lebih rapih dan banyak yang bisa di pakai ya. Oya ka salam kenal. Kalau berkenan followback biar makin akrab. Makasih

    BalasHapus
  5. sekat dalam kantor atau aku biasanya sebut cubicle lebih nyaman yang minimalis, gak terlalu tinggi tapi juga ada privasi

    BalasHapus
  6. temenku yang arsitek juga meyarankan untuk kantor yang ngga luas dan pengen hemat budget, bagusnya pake office partition apalagi kalau cuman sewa ruangannya

    BalasHapus
  7. Aku kalau lihat drakor yang kantornya model berpartisi begini jadi ngayal pengen kerja lagi. Dulu waktu ngantor belum zamaan partisi2 begini.

    Ternyata selain estetik, bisa jadi pelindung covid ya.. solutif banget

    BalasHapus
  8. Aku jg prefer kantor dengan sekat kayak gini sih. Lebih nyaman dan aman dari gangguan hehe. Ketimbang kantor yg ngga ada partisinya

    BalasHapus
  9. Partisi kantor ini selain menghemat ruangan dan menambah produktivitas karyawan, desain-desainya juga mempercantik ruangan ya mba.

    BalasHapus
  10. Jadi kangen suasana kerja kantoran jadinya kalo inget cubicle tuh dulu, enak sih memang kalo ada cubicle jadi lebih fokus kerja dan juga gak keganggu sama aktivitas orang lain

    BalasHapus
  11. Jadi inget ngantor deh kalo liat partition hehe.. tapi memang partition yang berkualitas itu sangat mempengaruhi mood kerja karyawan juga sih, kalo karyawan senang maka suasana kantor lebih meriah ya

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)