Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks Grup Dangdut yang 'Gak Dangdut' Banget


PSP formasi lengkap jaman dulu

Pasti yang belum pernah tahu Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks atau yang lebih ngehits dengan sebutan PSP pada bingung, apaan sih ini? Hihihii..

PSP adalah grup musik dangdut humor asli Indonesia yang populer sekitar akhir tahun 1979. Tapi saya mulai menikmati karya mereka sekitar tahun 1987, waktu itu saya masih SD.
Lagu-lagu PSP lucu, asyik dan unik. Nanti coba deh search di Youtube, seperti lagu Gaya Mahasiswa, Fatime atau plesetan lagu Siksa Kubur dan My Bonnie jadi lain banget lagunya.

Awal tahu tentang PSP dari film-film mereka; Manis-manis Sombong, Orang-orang Sinting, Koboy Sutra Ungu, dan Rayuan Gombal. Film komedi campur musik gitu.

Dulu waktu saya kecil, bapak yang pegawai negeri sekaligus seniman musik, koleksi kaset (belum ada cd) dan kaset video banyak banget. Setiap hari saya dan kakak-kakak "dicekoki" berbagai macam jenis musik. Jadi jangan heran kalau saya tahu lagu-lagu jadul seperti lagunya Tetty Kadi, Koes Plus, Benyamin S, Beatles, dan masih banyak lagi. Salah satunya juga grup PSP ini.
Pernah suatu kali saya dikatain norak sama teman gara-gara suka nyanyiin lagu mereka. Lagu apaan sih ini, norak banget lo! Hahahaa...

Anggota PSP (dulunya) para mahasiswa di  Universitas Indonesia, mereka adalah Ade Anwar (gendang dan vokal), Monos (gitar dan vokal), Rizali Indrakesumah (mandolin, vokal), Dindin (tamborin), Aditya (gendang), Andra Muluk (marakas), James R Lapian (bass) dan Omen Sontani (Ukulele).

cuplikan film Manis-manis Sombong

Mungkin karena saya sering nonton filmnya dan dengerin lagu-lagu mereka, sampai sekarang masih keinget tentang PSP. Bahkan jalan cerita filmnya pun saya masih inget. Misalnya film Manis-manis Sombong si James ditinggal di bus, teman-temannya turun duluan ke kampus. Ternyata James dibarengin Maya naik mobil barunya. Udah deh pokoknya hapal saya mah. Keseringan nonton filmnya, sih 😁
Saya paling ngefans sama om James, dan sempat penasaran emang aslinya begitu juga? Paling smart, kalem dan penyuka musik klasik kayak di film PSP? Eh tapi gak deh. Konyol semua satu grup kayaknya hehehe..

Saya nonton film-film PSP sama bapak dan ketiga kakak, kalau ibu gak terlalu suka film.
Di rumah kami punya rak besar dari kayu khusus tempat kaset dan sebuah laci ukuran sedang tempat kaset video.
Hampir setiap sore nonton film-film Indonesia seperti film Bing Slamet, Ateng Iskak, Warkop DKI, juga film-film PSP. Dulu nontonnya bukan pakai DVD tapi video betamax. Cuma kids zaman old yang tahu betapa hepinya nyetel film pakai kaset video betamax 😁

Kenorakan saya muncul waktu 'menemukan' film-film mereka di Youtube, girangnya minta ampuun hahaha... Herannya walau nonton berkali-kali masih tetap ngakak. Padahal bagian lucunya juga udah tahu (baca: hapal).
Kayaknya bapak saya harus tanggung jawab karena sampai bikin anaknya ngefans berat sama grup dangdut jadul ini (ampuun, pak..). Seumur-umur saya gak pernah ngefans sama penyanyi dangdut. Saya lebih suka White Lion, Fire House, Mr. Big, Project Pop, Mocca, Raisa, Rendy Pandugo dan Ari Lasso
Tapi kenapa juga bisa suka PSP? Yaah tanyakan saja pada rumput yang bergoyang 😁

Seiring berkembangnya zaman, grup PSP sudah agak tergeser dengan munculnya banyak musisi dan jenis musik baru.
Tetapi gak bisa dipungkiri PSP tetap punya tempat tersendiri di hati saya. Mungkin karena keunikan mereka dan sudah terlanjur melekat di hati sejak lama (eeaaa...)

Sebenarnya musik mereka bukan 100% dangdut, karena memang gak satu pun lagu PSP yang "bercengkok khas dangdut". Kalau saya lebih pas menyebutnya dangdut humor. Karena lagunya memang kebanyakan lucu-lucu, enak didengerin dan bikin happy.

Walau sekarang usia mereka gak lagi muda, tapi mereka tetap berkarya dan mengeluarkan single baru yang judulnya Jangan Bohong. Sayangnya formasi gak lengkap kayak dulu lagi. Karena om Aditya lebih memilih menekuni bisnisnya di Batam dan om James menetap di London.
Tapi seneng banget mereka masih eksis bermusik sampai sekarang. Semoga suatu saat saya bisa nonton mereka manggung secara langsung.

Lagu Tetangge Gue

Oya PSP juga punya lagu yang bertema korupsi judulnya Tetangge Gue. Mereka bekerja sama dengan ICW ikut memberantas korupsi di Indonesia. Tuh keren kan :)
Selalu sehat om semua dan terus bekarya. Jangan lupa undang saya kalau bikin konser tunggal, ya 😉


9 komentar:

  1. Pernah dengar ttg grup PSP ini tapi tidak tahu sampai sedetil itu hehe.... sepertinya dulu ortu saya lebih suka penyanyi yg bukan grup macam titik sandora, mukhsin alatas, tety kadi dan banyak lagi tp yg bukan grup pokoknya😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyanyi jaman dulu banyak banget ya mb :D

      Hapus
  2. Ahh, aku laff banget sama lagu-lagunya PSP ini. Kalau udah dengerin "Duh Fatime, 5 tahun jadi jande..." Hahahaha ketauan umur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa... aseekk ada temennya sayah. Tos dulu, doong :D

      Hapus
  3. Beda ya, dengan Joni Iskandar? Lagunya juga plesetan dan jenaka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Joni Iskandar grupnya Pengantar Minum Racun kalau gak salah ;)

      Hapus
  4. pernah dengar... tapi aku enggak pernah dengar lagu-lagunya hihihi...tahun segitu masih belum ngerti musik..

    BalasHapus
  5. Wah sampai ngefans banget ya mba Enny. heheh. Tapi moga aja ya skarang orkes seperti itu yang menghibur kita. Ups untungnya ada Youtube yang bisa nonton lagi yang lawas lawas ya :p

    BalasHapus
  6. Oom James kemana ya? siapa saja yang masih sehat? Apakah sudah ada yang wafat? wah jadi kangen sama mereka. thn 1970an, ayah saya tinggal di seputaran rawamangun.

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)