Boleh Gak Anak di Bawah Umur Naik Motor ?


Kalau aku yang ditanya gitu jawabanku GAK BOLEH !!..
Lho kok ?.. Karena menurutku selihai apapun anak kecil naik motor, tapi secara emosi dia belum mampu mengatasi keadaan di jalan raya yang ramai kendaraan.
Tapi gak ngerti juga kenapa sekarang banyak anak dibawah umur yang naik motor di jalan raya. Seperti anak tetangga yang masih duduk di bangku SD, dia dengan bangganya udah kemana-mana naik motor dan dengan sepengetahuan orang tuanya ! Bahkan kadang tanpa helm dia naik motor. Lengkap sudah.. tanpa helm dan tanpa SIM naik motor, ditambah ngebut !.  Fiuuh... Bagian mana coba yang bisa dibanggain, padahal gak bener semua.. Suka gemees campur kesel ngeliatnya.. Menurutku walau orang tua mampu beliin motor bukan berarti membiarkan anak kecil mengendarai motor di jalanan kan.. Ini demi keamanan dan keselamatan si anak juga.

Seharusnya orang tua tegas dan memberi pengertian pada anak untuk tidak mengendarai motor bila usianya belum cukup. Karena memang ada banyak alasan kenapa anak di bawah umur tidak boleh naik motor :

- Peraturan
Dari pihak Kepolisian sudah menetapkan bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) memang baru bisa diberikan untuk usia 17 tahun ke atas. Jadi jelas usia di bawah 17 tahun gak boleh naik motor dan itu melanggar peraturan.

- Mental
Secara mental usia di bawah 17 tahun cenderung belum memiliki kemampuan yang cukup untuk membaca gelagat kondisi jalan raya, kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan minimnya pengalaman serta pengetahuan. Jika dirasa anak sudah terampil, untuk berinteraksi di jalan raya harus terlebih dahulu didampingi untuk mengasah kepekaan saat mengendarai motor. Atau jika memang punya keahlian khusus, arena balap bisa jadi tempat yang cocok untuk mengasah kemampuan bermotor si anak.

- Labil
Sering ragu -ragu dalam mengambil sikap dan keputusan kerap terjadi pada anak dibawah umur dan membahayakan ketika mengendarai motor. Bisa jadi keputusan diambil di saat sudah terlambat sehingga mengakibatkan kecelakaan. Lebih parah lagi, biasanya mereka mudah terprovokasi oleh teman atau kendaraan sekitar. Dipanasin sedikit sama teman, langsung nginjek gas kenceng. Padahal kemampuan masih kurang. Selain itu juga mudah terpancing oleh pengemudi lain yang menyusul, atau memotong lajur. Bahaya kan..

- Merasa mampu menguasai kendaraan dan jalan raya
Kadang anak di bawah umur cenderung dirinya sudah piawai sehingga mengesampingkan hal-hal yang bisa memecah konsentrasi saat mengendarai motor/mobil. Misalnya sambil menelpon, smsan atau bercanda dengan temannya. Bahkan menganggap enteng setiap kondisi dibanding mewaspadainya. Padahal berbahaya banget kan..

Nah, bagaimana para orang tua ? Masih membiarkan anak di bawah umur mengendarai motor di jalan raya ?


( gambar dari kaskus )


34 komentar:

  1. Setuju banget saya Mba Enny, tidak boleh anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor. Alasan utamanya ya emosinya yang belum matang itu Mba. Sedih deh kalo ada ortu kasih anaknya naik motor gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, malah sekarang tambah banyak disini anak2 kecil udah pada naik motor..sedih sekaligus kesel..

      Hapus
  2. Wuiii iya bahaya banget itu... Heran juga ada ortu yg ngasih ijin ya... Mikir nya gimana coba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ko..berbahaya banget untuk si anak sekaligus membahayakan keselamatan pengendara lain juga..

      Hapus
  3. Wuiii iya bahaya banget itu... Heran juga ada ortu yg ngasih ijin ya... Mikir nya gimana coba...

    BalasHapus
  4. Jawaban saya juga sama, Mak, nggak boleh! Selain membahayakan diri sendiri juga membahayakan orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak..sangat berbahaya.. seharusnya orangtua tegas melarang anaknya naik motor bila belum cukup umur..

      Hapus
  5. Nggak boleh Ma, tapi ya itu, orangtua seharusnya paham lah mana yaang sudah boleh dan belum boleh buat anak-anaknya. saya aja nggak bisa naik motor, hadeeeh. Ngeri liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak..peran orangtua sangat penting ngasih pengarahan ke anaknya.. tapi kadang ada orangtua yang ngasih kebebasan anaknya untuk naik motor pdhl masih blm cukup umur..

      Hapus
  6. Nggak boleh Ma, tapi ya itu, orangtua seharusnya paham lah mana yaang sudah boleh dan belum boleh buat anak-anaknya. saya aja nggak bisa naik motor, hadeeeh. Ngeri liatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb ngerii..anak2 kecil mah kalo naik motor cenderung ngebut pula..

      Hapus
  7. Setuju mak. Saya juga pasti bilang gak boeh. Terlalu banyak resikonya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb lia..bahaya utk si anak juga pengendara lainnya..

      Hapus
  8. sekrang banyak banget anak2 yang naik motor,iya kalo naiknya minggir,ini ditengah2 jalan. kadang ngebut dan main gas gitu,miris banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh iya tu mb..ngebut dan ngawur bgt naik motornya.. bahaya..

      Hapus
  9. Serem Mbak liat anak-anak naik motor gitu :'(

    BalasHapus
  10. Catatan yang menarik mbak... :) jelas gak boleh ya, tapi memang sekarang buanyak sekali anak anak yang kakinya saja kalau naik motor belum bisa sampe ke tanah, sudah BANGGA bisa naik motor :( Saya gak pernah ngerti kok orang tuanya kasih ijin.. saya aja dikasih naik motor sejak kerja.. haha!

    BalasHapus
  11. Tentu saja ga boleh ya mbak.
    Tapi ini bukan salah si anak kecil dan keluarganya saja. Melainkan juga aparat kepolisian yang seperti membiarkan hal itu terjadi.
    Contohnya waktu bikin SIM, banyak yang nembak dan pakai calo.

    Duh...

    BalasHapus
  12. Saya juga gemas kalau ada anak kecil dah bawa motor. Secara umur mereka kan kurang itu. Tapi yang paling saya herankan, kenapa orang tuanya menyetujui. Itulah..

    BalasHapus
  13. Saya juga termasuk pihak yang tidak setuju dan cukup sering dibuat resah dengan banyaknya anak di bawah umur yang naik motor; kalo kecelakaan kan serba salah - katanya kok kita nabrak anak-anak, padahal anak-anak tersebut yang ugal-ugalan :( *untungnya belum pernah terjadi, tapi kan jadi waswas..

    BalasHapus
  14. aku paling kesel lihat anak kecil naik motor di jalan. tapi kadang anaknya nggak izin orangtuanya juga sih mak. anak tetanggaku pernah kecelakaan, dia pakai motor pas ortunya nggak di rumah.. huft

    BalasHapus
  15. thank mak sharingnya. saya pengen anak saya punya kemampuan berkendara tapi jangan samapai keselamatannya terancam

    BalasHapus
  16. aku suka aneh mbak sam aorang tua sekarang yang dengan bebas dan entengnya kasih kendaraan ke anak, dulu aja abang saya baru pas kulih boleh pegang kendaraan. Rawan kecelakaan. Apalagi sekarang begal dimana-mana :(

    BalasHapus
  17. Ih saya suka ngeri kalo ngelihat anak di bawah umur bawa motor sendiri. Belum lagi kalo naiknya sambil becandaan. Oya mbak, si bungsu tuh udah 14 tahun belum bisa naik motor krn emang blm aku ijinkan. Anaknya juga nggak mau, mungkin melihat pengalaman kakaknya yg usia 14 th lebih baru belajar. Trus bw motor dewe setelah punya SIM. Tapii anak tetangga baru kelas 4 udah naik motor kemana-mana, haduuuh

    BalasHapus
  18. Gak boleeeh..!
    aku suka sebel liat anak dibawah umur naik motor dijalan. kok yaaa berasa udah kaya pembalap kadang. padahal kakinya aja gak jejek injek tanah kalo naik motor :(

    BalasHapus
  19. Ngiri deh kalo ngeliat anak kecil udah mahir mengendarai motor padahal aku sendiri aja yang udah 22 tahun belum ngerasa mampu, masih takut-takut gitu, mbak.

    BalasHapus
  20. memang bahayaaa nih mba....dan terus terang aku suka ngomel orang tuanya ke manaaa siiiih..

    BalasHapus
  21. Adekku dari SMP dah bawa motor, Mak. Abis nya mau gimana lagi, Mamaku kemana2 di anter si Adek. Baru skrg Aja pas SMA, dy boleh bawa yg agak jauh dikit sendirian. Kalo dulu mah Selalu sama mama, adekku juga takut. *curcol :D

    Tapi emang ngeri juga Anak skrg. Masa ya SD Aja udah bawa motor kemana2 :(

    BalasHapus
  22. emang sekarang udah banyak banget anak-anak yang naek motor, bahkan kadang-kadang gedean motornya dari anaknya
    yang sudah dewasa aja kadang-kadang suka ugal-ugalan apalagi anak-anak ya mak :(

    BalasHapus
  23. akupun udh males ngeliat yg bgini mba... pernah tuh suamiku ngasih pelajaran k anak2 kecil bgini. Pas mrk nyalip2an deket mobil kita, lgs suamiku tekan klason mendadak yg kenceng. akibatnya, jatuh dong krn kaget. trs nangis... mobil kita kesenggol dikit. tapi suamiku lgs marahin mereka.. ditanya sim nya... trs ksh pelajaran sekalian bawa ke polisi ;p.. biar kapok.. kebetulan ada polisi jg di situ..

    BalasHapus
  24. Setuju saya gan seharusnya orang tuanya harus nyadar bukanya kalau sudah terjadi apa apa di jalan langsung nyadar jika perbuatan nya salah. Semoga yang di jalan di kasih keselamatan amin

    BalasHapus
  25. Tapi bukan hanya anak dibawah umur saja yang membahayakan orang lain. Saya juga sering melihat orang tua naik motor ngawurr ��. Banyak juga orang tua naik sepeda motor belum memiliki sim. Sama saja kan dengan anak dibawah umur yang belum memiliki sim

    BalasHapus
  26. Berarti ya jangan cuma menyalahkan anak2. Orang tua juga!! Seharusnya mereka diatas umur yang belum memiliki sim juga tidak boleh mengemudi. Bukan hanya anak2 di bawah umur saja

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)