Resep Sosis Asam Manis


Beberapa waktu yang lalu aku masak sosis asam manis. Kebetulan pas ada stok sosis agak banyak, jadi pengen masak yang berbahan dasar sosis. Setelah ngintipin Youtube, pilihan jatuh pada resep sosis asam manis. Karena bikinnya gak ribet dan kayaknya enak juga nih.
Jadi deh aku masak sosis asam manis hari itu. Fotonya sempat aku share ke media sosial. Ternyata temanku banyak yang nanyain resepnya, ya udah sekalian aku bikin postingan aja ya hehehe..


Oya aku pakai sosis Bernardi Horeca yang pendek-pendek itu. Teman-teman boleh pakai sosis sapi atau ayam merk apa aja. sesuai selera ya.
Yuk, cekidot resepnya!

Resep Sosis Asam Manis

Bahan:
- 15 buah sosis potong 2 bagian 
(Karena aku pakai sosis pendek jadi potongnya 2 bagian aja. Kalau sosis panjang bisa dipotong jadi 4 atau 5 bagian sesuai selera. Untuk resep ini kalau pakai sosis panjang pakai 8 sosis aja cukup)
- 3 siung bawang putih geprek lalu potong-potong
- 1 buah tomat (dipotong-potong)
- daun bawang (diiris jangan terlalu tipis)
- air secukupnya
- mentega/ margarin untuk menumis (boleh pakai minyak goreng)
- 1 sdm kecap manis
- 2 sdm saos tomat
- 1 sdm saos tiram
- garam secukupnya
- gula secukupnya
- penyedap rasa (boleh pakai kaldu ayam atau kaldu jamur)
- 1 sdt tepung maizena larutkan dalam air lalu  aduk (untuk pengental kuah)

Cara Membuat:
- masukkan margarin/minyak goreng ke dalam wajan, tumis cacahan bawang putih
- setelah bawang putih mulai harum, masukkan potongan sosis. aduk sebentar
- tambahkan air (sekitar 1 gelas)
- masukkan kecap manis, saos tomat, saos tiram, garam, kaldu jamur/ayam dan gula. Aduk sambil koreksi rasa, bila dirasa ada yang kurang boleh ditambahkan bumbu atau saosnya.
- kalau rasa sudah pas, masukkan air larutan maizena lalu aduk
- terakhir masukkan potongan tomat dan daun bawang
- masak sampai matang

Sosis asam manis siap dihidangkan. Oya ditambah taburan bawang merah goreng jadi lebih sedap, lho.
Selamat mencoba, ya :)





29 komentar:

  1. Saya suka kornet dan smoked beef Bernardi. Tetapi, belum pernah cobain sosisnya. Harusnya sama enaknya, ya.

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah nyoba nih. Kayanya enak juga bikin sosis begini. Kayanya bumbu asam manis gini bisa pakai olahan lain jg ya kaya ayam gitu.

    BalasHapus
  3. Wah praktis ya..jadi punya ospi lain untuk mengolah sosis. Ga hanya goreng dan lumuri saus sambal
    Kapan-kapan mau coba bikin juga deh. Thanks sudah sharing ya mba

    BalasHapus
  4. Huwaaaa... udah lama banget ga beli Bernardi dong, saking sejak pandemi ini kami jarang ke supermarket, biasanya tiap bulan selalu memburu diskonan Bernardi, dan memang sosisnya paling enak, dibikin apa aja anak-anak suka, apalagi dibikin asam manis gini ya, langsung auto ngiler :D

    BalasHapus
  5. Saya suka sosis asam manis pakai tumisan bawang bombay. Apalagi kalo rasa daging sosisnya berasa banget. Hmmm nikmattt. Menunya juga menu keluarga banget. Siapa aja bisa makan, mulai dari anak sampai orang tua.

    BalasHapus
  6. Favorite saya nih Bernardi, baksonya, lezat semua
    Kerasa dagingnya, bumbunyapun ngga strong
    Ibu Rumah tangga sekarang mah harus smart waktu memasak ya?
    Supaya gizinya terpenuhi tapi masak nya cepet

    BalasHapus
  7. Sosis dan masakannya bisa menjadi salah satu referensi kuliner keluarga, mantap

    BalasHapus
  8. Belum pernah masak nih Sosis Asam Manis, berhubung nanti mau ke toko juga sekalian nyoba masak ini deh :)

    BalasHapus
  9. Belum pernah cobain sosis bernardi nih jadi pengen cari ada ga yah di Cimahi hehehe ini resepnya juga boleh nih ditiru

    BalasHapus
  10. Waaahh makasih banyak resep sosia asam manis nya ya kak. Jadi punya ide juga nih untuk masak apa di rumah hari ini. Kelihatan mudah juga cara membuatnya.

    BalasHapus
  11. Wuih sajian praktis tapi mantap nih. Anak saya pasti suka. Sosis itu makanan kebangsaan mereka, hehehe...
    Segera eksekusi ah mumpung anak pada libur dan stok sosis masih ada di kulkas

    BalasHapus
  12. Wew kak beneran ngga kepikiran untuk bikin sosis asam manis akutuh. Bisa dicoba nihh selama ini kalo ga digoreng ya dibakar hihi bosyenn yah

    BalasHapus
  13. Resep yang simpel, masaknya cepet, dan enak :) Btw, penyedapnya nggak bisa pakai rasa yang pernah ada ya? :D

    BalasHapus
  14. Ishh, ini menarik bangettt mba
    Bisa aku praktekin besok senin ahh
    kok ya pas bgt ada stok sosis baso di kulkas.
    Makasiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bakso dan sosis itu stok makanan yang wajib ada di kulkas. Eh, aku sih. Soalnya nggak tiap hari bisa berlama-lama masak di dapur :D

      Hapus
  15. bisa jadi pilihan menu lauk makanan keluarga sehari-hari, makasih udah sharing resepnya

    BalasHapus
  16. Duh enak banget niy dibikin asam manis, gak susah pula ya bikinnya.makasih resepnya Kak.

    BalasHapus
  17. Endeuss banget ini mah kak, jadi pengen coba masakin untuk anak di rumah

    BalasHapus
  18. makanan praktis yang selalu dicintai ama anak anak. Bisa jadi ide lauk saat weekend ama ponakan nih. Aku mau recook ya kak

    BalasHapus
  19. Aduh enak bgt tuh mom sosis asam manisnya, aq belum prnh coba dibuat seperti ini, thanks ya resepnya

    BalasHapus
  20. Wah aku belum pernah nyoba merek ini Mba. sosis kesukaan anak2 ya kayaknya enak nih di buat asam manis...

    BalasHapus
  21. Thankiss mbak eni resepnya, anak-anakku suka banget sama sosis, tapi aku paling mentok digoreng atau ditambahkan ke dalam sop, begituuu aja seterusnya. Anak-anak seneng seneng aja dan gak bosan, tapi aku, Ibunya kok bosan masak sosis gitu-gitu aja. Untung nemu tulisan dari mbak eni, gak kebayang aku mbak, asli! buat masak sosis dibikin asam manis gini, huhuhu

    BalasHapus
  22. Inii resep favorit di rumah. Kl sudah buat sosis asam manis wah ludes deh. Coba ah mau recook resepnya mba.

    BalasHapus
  23. Resepnya simple ya Mba. kalau buat resep ini kayaknya anakku bakal suka deh.
    Langsung mau coba ah, kebetulan sosisnya masih ada stok juga.

    BalasHapus
  24. Ternyata nggak susah ya Mbak bikin sosis asam manis ini resepnya Bisakah diaplikasikan misalnya ke ayam atau yang lainnya??

    BalasHapus
  25. Ya ampuuuun lgs ngiler, dan kebetulan aku ada stok sosis di rumah :D. Rasanya besok pagi bakal aku bikinin sosis asam manis ini mbaaaa.

    Soalnya biasa sosis itu dipanggang, kukus ato jd campuran SOP doang. Jarang dibikin menu yg lain :D. Jd kepengin juga di masak kayak di atas

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)