Tahu Mahabarata ?


Tahu Mahabharata ? Mahabharata adalah sebuah karya sastra kuno yang konon ditulis oleh Begawan Byasa atau Vyasa dari India. Secara singkatnya Mahabharata menceritakan kisah konflik para Pandawa lima dengan saudara sepupu mereka sang seratus Korawa, mengenai sengketa hak pemerintahan tanah negara Astina. Puncaknya adalah perang Bharatayuddha di medan Kurusetra dan pertempuran berlangsung selama delapan belas hari.

Nah buat yang suka kisah Mahabharata ini pasti juga nonton filmnya di tivi kan ya ?
Aku gak mau bahas cerita Mahabharata secara mendalam, tapi hanya obrolan ringan anak-anak yang kudengar tentang film Mahabharata ini.

Suatu hari menjelang maghrib aku menuju musholla di perumahan tempat aku tinggal bareng Zidan. Karena Zidan dan beberapa temannya memang selalu bergantian adzan dan khomat setiap harinya. Sedang papito saat itu belum pulang dari kantor.
Setelah adzan berkumandang beberapa anak kecil mulai berdatangan ke mushola. Termasuk Ye, anak perempuan yang memang kadang sok tahu dan bahkan suka ngatur atau kasih perintah ke teman-temannya yang cewek dan lebih kecil darinya. Yaa agak judes gitu anaknya.
Secara tak sengaja aku mendengar percakapan Ye yang duduk di belakangku dengan beberapa temannya. Termasuk Kes anak yang lebih kecil dari Ye.

Kes : "Lagi ngomongin apa to mbak?" *dengan suara pelan
Ye : "Apa kamu ikut-ikut, paling juga gak tahu yang aku omongin.. " Suaranya Ye terdengar galak.
Kes : "Apa to mb ?.. Aku tau tauu.."
Ye : "Halaahh kamu gak tau aja gitu..emang kamu nonton film mahabharata di tivi ? gak kan ??"
Kes : "Mahabharata film opo to mb ?"
Ye : "Tuh kaann gak tauu... Gak tau aja ikut2 ngomong.."
Kes : "Mahabharata film opo mb ? aku juga pengen tau.."
Ye : "Dasaarr gitu aja gak tauu.. Mahabarata itu film Cina tauuukk.."

Hampir saja tawaku meledak kalau aku tak menahannya.. Apalagi melihat ekspresi Kes yang manggut-manggut sambil bilang ooo..

Ah, anak-anak.. :D


( sumber keterangan Mahabharata dari wikipedia )


22 komentar:

  1. HIhihi... Kenapa pada demam Mahabarata begini ya... Ceritanya saya lagi main di rumah tetangga, teman anak saya sesama TK bilang sama mamanya "Ma, Mpa mau bikin PRnya sekarang, biar nanti tenang nonton Mahabarata-nya?" Saya penasaran dan langsung nanya, "Emang rame yah? Bunda vito ga tau soalnya." Kata Mpa "Rame Bundaaaa..."
    Temenku di twitter sampe bikin status "Ternyata Mahabarata seru juga!"
    Hehe saya pasti selalu ketinggalan, karna memang ga begitu hobby nonton tv, paling nonton film2 kalo lagi santai banget...

    Salam hangat,
    Zia

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii mak Zia..
      iya nih banyak bgt yg suka film ini..kyknya bagus ya..aku gak ngikutin soalya ^_^

      Hapus
  2. keren keren.....:)

    menarik juga ternyata kisah Mahabrata

    BalasHapus
  3. tahu sih, soalnya ibu saya setiap hari menontonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata banyak yg suka film mahabarata ya :)

      Hapus
  4. Buahahahaaa...asli meledak tawaku baca postingan ini mbak, terutama bagian film Cina tauuukk... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkn tawaku jg bakal meledak mak kl gak inget saat itu lg di musholla..jadi aku nahan tawa :D

      Hapus
  5. huahahaha kok jadi film cina.. huahahaha :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tau jg ni ko film india jadi film cina :D

      Hapus
  6. Hahaha...lucu. Eh tapi kalo ngikutin ceritanya emang seru loh Mahabarata ini. Favoritku sih tokoh Bima =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah penggemar mahabarata juga ya :))

      Hapus
  7. aku gak pernah nonton mbak, ini film kesukaan mak ade anita tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak ade anita sukaa bgt film ini :)

      Hapus
  8. sebenarnya bagus filmnya, padahal saya baru lihat satu episode aja lho, mbak. tapi kok ya, selalu terlewat lihat lagi. dasar nggak niat banget nontonnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..aku malah sekilas2 aja mb nontonnya..ntar kl ditanya fimnya gmn jg gak ngerti..soalnya msh dpt sepotong sm Zidan udah diganti cartoon network :D

      Hapus
  9. Hihi..aduh lucunyaaa :p padahal Cina sama India jauh ya mak miripnya.. Cina sipit-sipit putih, India kan matanya besar-besar kulitnya agak coklat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhe..iya mak..film india jadi film cina :D

      Hapus
  10. hehe.. Baca artikel tentang mahabaratanya mak Enny ketawa ngakak saya. .. salam blogging mak, mantabbb

    BalasHapus
  11. Nggak bakal ada habis2 nya nih bahas mahabarata .. hehehehe
    tp emang paling asik nonton ini sama keluarga, ,
    (y)

    BalasHapus
  12. mahabarata yak?
    langsung inget film kesukaan ibu sama kakakku..haha
    kalau saye mah gk begitu suka film india..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mahabaratha bagus lho gan :D dari pada GGS -_-

      Hapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)