Resep Kue Cucur


Aku beberapa kali membuat kue cucur yang manis dan *endang bambang ini (*istilah abangku kalau nyebut makanan enak banget jadi endang bambang hehehe..).
Awalnya iseng aja bikinnya karena lihat ada tepung nganggur lumayan banyak dan gula merah di kulkas. Ya udahlah coba bikin kue cucur tak lupa dengan mengucap bismillah..
Ternyata papito suka banget kue cucur bikinanku dan jadi jadi salah satu cemilan favorit made in si emak. Bisa dipastikan saat menggoreng ada yang mondar mandir nungguin mateng hehehe..
Buat teman-teman yang mau bikin kue cucur aku share resepnya ya, mudah kok cara membuatnya :)


Bahan kue cucur :
250 gr Gula merah, sisir halus
550 ml Air ( tambah santan juga agar lebih gurih)
3 lembar Daun pandan suwir-suwir / ikat simpul
300 gr Tepung beras
50 gr Tepung terigu
½ sdt Garam
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur  :
1. Masak dalam panci : gula merah dan air, masukkan juga daun pandan. Setelah larut, angkat, saring, dan buang ampasnya, sisihkan hingga dingin.
2. Campur tepung beras, tepung terigu, dan garam dalam ke mangkuk lain, aduk sambil dituangi ½ bagian air gula hingga tercampur rata. Tepuk-tepuk dengan tangan selama kira-kira 25 menit,lalu  masukkan sisa air gula. Teruskan menepuk-nepuk adonan sampai adonan terasa ringan.
3. Panaskan wajan kecil di atas api sedang, masukkan 50 ml minyak goreng kedalamnya, biarkan hingga panas. Tuang kira-kira 1 sendok sayur adonan ke dalam wajan, biarkan matang hingga terbentuk seperti renda di sekeliling kue. 
4. Siram-siramkan minyak panas ke bagian tengah adonan, tusuk-tusuk dengan lidi agar adonan mentah yang berada di dalam mengalir ke luar. Teruskan menyiram-nyiramkan minyak ke atas kue hingga matang, angkat.  Tiriskan. Ulangi sampai adonan habis.
Nah mudah kan..
Selamat mencoba ya..semoga juga endang bambang :D

29 komentar:

  1. Asyeeeeeeeek pertamax nih kayaknya. Kue Cucur adalah salah satu cemilan wajib bagi saya minimal 1 kali dalam seminggu. Kue Cucur ini kalau dipadu dengan sruput teh tubruk di sore rasanya nendang banged. Mertua lewat tidak perduli hiheiheiheihiee. Keren artikelnya. Resep cara buat Kue Cucur nya saya pelajari dulu. Mungkin kelak akan dicobakan di rumah. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kue cucur emang jadi temen top markotop sm minum teh di sore hari..
      trimakasih mas Asep udah jd pertamax hehehe..
      salam hangat dari Tulungagung Jatim :)

      Hapus
  2. aaaaahh Cucuur... mintaaaaaaaaaaa

    ini jajan pasar kesukaaaan ku sejak kecil mbak yuuuu
    aseeli pengen bangeets

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya cucur jajan pasar yg endang bambang tenan..tp sayang kl minta skrg udah habis mas topics :D

      Hapus
  3. Jajanan kampung emang ga ngebosenin ya mbak :)

    Tepuk-tepuk dengan tangan tu kaya gimana ya mbak? ky anak kecil ngobok2 air gitu? klo pake mixer atau whisk gmn, bisa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tepuk2 tangan kayak diuleni gitu mb..dipuk2 gitu :))

      Hapus
  4. sarapan pakai cucur nendang banget ya mbak apalagi manis begini plus teh panas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb Lid..mantep kalo ditemenin teh manis anget :))

      Hapus
  5. ternyata mudah ya...mau ah bikin ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mudah bahannya juga mudah bikinnya :)

      Hapus
  6. Aku suka kue cucur Mak, mau bentuknya seperti apa, mau manis banget apa enggak*etapi klo beli di pasar ya kudu lihat...dilalerin enggak? hehehe, pernah bikin tapi kerasnya minta diampuninn..

    Bikinin dong Mak...hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu dia mak..kalo beli di pasar biasanya memang harus lebih teliti dilalerin apa gak hehehe...

      Hapus
  7. Sudah lama banget tidak makan cucur nih mbak hehehe... jadi pengen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cucur jajan pasar yg ngangenin ya mb :D

      Hapus
  8. waaahh, enakk. ibuku sering beli di pasar kalo pas belanja sayuran hehe :D jadi pengen bikin sendiri, bun. makasih resepnya :D

    BalasHapus
  9. suka bgt kue cucur, tp biasanya beli..mdh2an bs coba resep ini, tfs ya

    BalasHapus
  10. Saya juga suka, Mba. Rasanya enak, menul2. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi..enak plus menul2 ya mb idah :))

      Hapus
  11. wah sepertinya sedap ini mbak kue nya hehehe jadi pengen buat sendiri dech ^^

    BalasHapus
  12. ternyata buat sendiri juga sukses ya dalam pembuatan kue nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayan sukses dan seharusnya dapat award kue cucur nih..hihihi lebay ya :D
      trimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  13. Aaaaa jadi inget emak kalo liat ada yang jual cucur, beliau sih dulu bilangnya kue cuhcur *sunda banget* hehe
    salam kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya hampir sama ya kue cucur jd kue cuhcur di sunda :))
      salam kenal juga :)

      Hapus
  14. Ini kue kesukaan suami ma anak2ku.. Ternyata bikinnya gampang ya.. Jd pengen nyoba :D

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)