Sayur Bobor


Tahu sayur bobor ?.  Sayur bersantan ini sebenarnya bumbunya hampir sama dengan sayur bening/bayam hanya bedanya ditambahi santan saja. Zidan dan aku lagi suka banget sayur ini. Padahal dulu ia tak suka sayur bersantan seperti aku. Jadi aku gak pernah masak sayur ini. Kalau pengen beli sayur bobor beli mateng aja.
Tapi ada keinginan untuk mencoba bikin sayur bobor sendiri. Aku lebih suka sayur bobor sawi daripada bayam. Soalnya kalo sayur sawi kan sore masih bisa diangetin ya hehehe..
Oya juga ditambah kecambah atau tauge karena aku suka banget tauge :)

 Ini dia penampakan sayur bobor
i love it :))
Bahan:
2 ikat sawi hijau ( potong sesuai selera )
yang suka boleh ditambah kecambah secukupnya
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1.000 ml santan ( dari 1/2 butir kelapa )

Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok makan garam
gula pasir secukupnya

Cara membuat:
- Rebus santan, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus sambil diaduk sampai mendidih dan harum
- Tambahkan sawi & kecambah. Aduk rata. Masak sampai matang. Angkat dan sajikan.

Mudah kan..
Aku dan Zidan paling suka sayur bobor ditemenin lauk tempe goreng dan lele goreng tepung :)
Okey..selamat mencoba yaa..



32 komentar:

  1. nyam..nyam nyam kebetulan bu saya belum makan pagi dan pas waktunya lapar nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...langsung ambil piring ya kalo gitu :D

      Hapus
    2. ambil piring, kasih nasi, tambah lauknya, jangan lupa sambalnya ya bu :)

      Hapus
  2. pertama kali makan sayur bobor di rumah mertua,enak hehe

    BalasHapus
  3. wuih.. paling suka masakan yang ada tauge-nya.. laper..laper..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah toss..aku juga suka makanan yg ada taugenya :D

      Hapus
  4. Oh gitu toh sayur bobor.. (baru tau saya mbak) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum kenalan berarti ya sm si bobor ^_^

      Hapus
  5. Di rumahku, yang dibobor sayur bayam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sayur bobor bayam juga seger mb :)

      Hapus
  6. Kalau yang pernah saya makan, bobornya pake labu siam/jipang sama sayur adas :) sueger. tapi saya belum pernah buat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya aku jg pernah bobornya pake labu siam seger juga..eh nama lainnya jipang ya mb..baru tau :))

      Hapus
  7. Kalo aku makan bersama ikan bilis.. duh.. mantap.. *tapi dah beberapa hari ini kangem tempe

    BalasHapus
  8. Sayur bobor selada air lebih mantab dan saya suka tapi berhubung saya nggak bisa masak saya copy boleh ya... he he he

    BalasHapus
  9. sayur bobor di tempatku pakai kangkung maak,,kalo bumbunya sih sama,,

    BalasHapus
  10. Sering denger nama Sayur Bobor ini..tapi saya baru tahu itu bersantan yan Mbak

    BalasHapus
  11. pernah denger sayur bobor dari mertua, tapi saya belum pernah nyobain, apalagi masaknya :)

    BalasHapus
  12. Saya sependapat dengan Bunda Niken di atas.

    Bahwa bobornya memakai sayur Bayam.

    Sayur ini juga salah satu favorit saya Mbk.

    Emmm lapar lapar....

    Salam persahabatan dari Jember.

    BalasHapus
  13. sayur seperti ini salah satu favoriteku loh mak, sedeeppp ^^

    BalasHapus
  14. saya bakalan dengan senang hati menghabiskannya Mbak, hehe

    BalasHapus
  15. baru tau ada sayur ini, bun. pake sawi enak tuh, aku suka sawiii.apalagi ditambah sambel. maknyuuss :D

    BalasHapus
  16. aku tuh masih bingung loh mbak bobor itu artinya apa

    BalasHapus
  17. Saya suka sayur bobor seperti ini.

    Salam wisata

    BalasHapus
  18. sudah hampr waktu makan siang, hi hi jadi tambah lapar nih..

    BalasHapus
  19. weeew.. enak niiih.. di keluargaku jarang masak bobor nih.. boleh juga dicoba :~

    BalasHapus
  20. Wah mbak... aku jadi lapar nih sekarang...
    Ini kan jam makan siang hehehe

    BalasHapus
  21. Kesukaan Ibukuu yang sawiii. . .
    Memang enak. . . :)

    BalasHapus
  22. tiap pulang kampung, bobor bayam salah satu menu favoritku
    ga tau apanya yang salah, bobor bayam buatan mbahnya ncip tiada banding di lidahku. sampe ibue ncip saja kalah kok...

    BalasHapus
  23. halo bisa minta contact emailnya?

    BalasHapus
  24. bacanya sambil ngelap iler nih mak :(
    udah lama banget nggak masak bobor, aku biasanya sih pake bayem, kapan2 nyobain ah pake sawi, enak juga kayanya :)

    BalasHapus
  25. br denger sy nama sayur bobor, Mbak :)

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)