Nugget Sehat


Ada yang suka nugget ayam ?
Zidan suka banget makan nugget. Dulu tiap belanja bulanan aku bisa borong beberapa bungkus nugget di supermarket untuk Zidan. Tapi lama-lama mikir juga ya kebanyakan makan nugget yang dijual di pasaran kan ada bahan pengawetnya ya, gak baik buat kesehatan kalo makan banyak. Secara Zidan agak susah makan sayur sukanya nugget aja. Sayur favoritnya cuma sayur bayam & sop. Kadang aku juga menyiasatinya dengan bikin mie goreng ( merk burung dara yang pipih ) dicampur wortel dan sawi putih. Zidan juga suka banget mie goreng buatanku. Yang penting sayurnya masuk deehh..hehehehe...

Suatu hari kakak iparku cerita kalo sukses bikin nugget ayam sendiri dicampur keju. Aku langsung minta resepnya untuk aku praktekin. Karena Zidan gak suka keju aku ganti aja dengan sayuran. Jadi nugget ayam campur wortel, kentang dan brokoli.
Hasilnya mantaapp Zidan sukaa banget nugget bikinanku, bahkan pernah kusuruh milih mau nugget bikinanku ato nugget merk Fi****a ?.. Dengan lantang Zidan menjawab nugget mamaaaa...... Bangganya si emak ini masakannya jadi favorit anak :))

Buat para emak yang ingin bikin nugget sendiri di rumah aku tulis resepnya disini yaa...
Dijamin enak dan sehat lhoo...

bahan-bahan nugget

 
penampakan nugget yang udah jadi siap digoreng atau disimpan dalam freezer


Bahan :

600 g daging ayam cincang
5 lbr roti tawar tanpa kulit
200 ml susu cair
wortel diparut (jumlah wortel sesuai selera)
brokoli diparut (jumlah brokoli sesuai selera)
kentang diparut (jumlah sesuai selera)
1/2 bh bwg bombay, cincang halus (ditumis)
3 siung bwg putih, cincang halus (ditumis)
garam & gula secukupnya

Perendam :
2 telur ayam kocok lepas
Tepung roti

Cara membuat :
  1. Rendam roti tawar dengan susu cair hingga lembut. Haluskan.
  2. Blender daging ayam cincang
  3. Campur adonan roti tawar yang sudah lembut dengan daging ayam, parutan sayuran, tumisan bawang bombay & bawang putih, lalu tambahkan garam & gula sesuai selera, uleni hingga rata.
  4. Taruh adonan ke dalam loyang segi empat (cari yg ukurannya pas di dalam steamer)
  5. Kukus dalam dandang hingga matang (dikukus sekitar 30 menit). Angkat dan biarkan hingga dingin.
  6. Keluarkan dari dari loyang lalu potong-potong sesuai ukuran chicken nugget
  7. Siapkan kocokan telur, balur potongan ayam ke dalam telur satu persatu hingga habis
  8. Taruh tepung roti dalam wadah, gulingkan potongan nugget ayam ke atas tepung roti hingga terbalut rata
  9. Siapkan minyak panas di dalam wajan (agak banyak), lalu goreng potongan ayam satu persatu
  10. Bisa simpan di dalam freezer kalau tidak ingin semuanya di goreng.

Nah, mudah kan..selamat mencoba :)



55 komentar:

  1. boleh dicoba nih tante :D
    *siapin alat masak*

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. iya enak lho mb..lbh empuk jg kres luarnya drpd yg bermerk dijual di supermarket :))

      Hapus
  3. mantap resepnya mbak, mau kucoba juga :)

    BalasHapus
  4. waduh ane nggak suka nugget sob.
    pernah beberapa kali makan nugget, bawaannya enek melulu. Kalau daging suka. Nggak tahu kalau sudah jadi nugget kok nggak doyan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh kenapa yaa..pdhl enak lho :)

      Hapus
    2. ane sendiri juga heran.
      tapi anehnya kalau daging doyan.

      Hapus
  5. Wah, ternyata nugget bisa dibikin sendiri ya? Nice. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa bikin sendiri lebih sehat :))

      Hapus
  6. enak niy mak klo berhasil bikin nuget
    aq pernah bikin nugget dengan teman KKN, ikh rasanya bikin trauma :D
    malah gak tau apa yg kurang atau apa yang salah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini "percobaanku" yg kedua mak..sblm dapet resep dari kakakku aku bikin sendiri hasilnya atos hehehe..kl yg ini dalemnya lbh empuk luarnya kres gurih :)

      Hapus
  7. Terobosan baru nih kayaknya.
    Hati-hati ntar resepnya dicuri sama perusahaan besar lho xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...kl ada yg nyuri takpentung.. eh :D

      Hapus
  8. nugget memang sehat asal buatan sendiri, karena bahan2nya bisa kita kontrol, kalo nugget yang sudah jadi dan banyak dijual di toko atau supermarket,,masih meragukan kandungannya apakah aman bagi anak2 atau tidak.....salam :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalo bikin sendiri kita bisa pilih bahan2nnya yg fresh dan tentu saja lbh sehat :)

      Hapus
  9. saya pernah buat nugget tapi gagal -_-

    jadinya agak blenyek, mungkin karena kurang kalis waktu buat adonannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin gitu ya..kl aku aku nuang susunya dikit2 aja jadi gak langsung banyak biar adonannya gak terlalu cair..

      Hapus
  10. Mau coba resep dari mbak Enny ini.Dulu pernah ambil resep dari google kok anak-anak nggak suka.

    Nakasih ya mbak Ennny :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-ama mb niken..selamat mencoba :)

      Hapus
  11. wahh.. ini yang dicari-cari mb, cara membuat nuggets...
    nanti suruh istri praktekkan di rumah..

    thx for sharing !

    BalasHapus
  12. bikin nugget ternyata gampang ya mbak...jadi pengen bikin nih...makasih resepnya ya mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mami zidane pa kabar ?..
      selamat mencoba yaa :)

      Hapus
  13. wah ... asik nambah lagi nih resep makanan sehat di dapur... mau coba juga mbak.. mudah-mudahan anak-anak suka...

    BalasHapus
  14. patut dicontek nih, resepnya, tfs ya jeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak fitri...selamat mencoba :)

      Hapus
  15. Pernah nyobaaa.. tp dulu pake udang juga.. Pengen nyoba yang ini.. keliatan yummy.. hihihi makasih ya resepnya bund.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama..selamat mencoba bunda dzaky :)

      Hapus
  16. kayaknya gampang nih resepnya. Makasih Mak :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gampang kok mak..selamat mencoba :)

      Hapus
  17. anak2 sy suka nugget. Jd penasaran pengen bikin sendiri. Kayaknya gak terlalu sulit, ya

    BalasHapus
  18. iyaa mb..gampang banget bikinnya :)

    BalasHapus
  19. Saya suka pakai bangeet. .
    Semoga saya bisa membuat nugget sendirii kayak mami zidan. ..

    BalasHapus
  20. sehat mudah dan cepat ya mbak, aku selalu sedia nugget mbak biasanya pakai parutan keju

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mb mudah bgt..wah pascal & alvin suka nugget keju yaa :)

      Hapus
  21. wah pasti enak nih mbak nuggetnya krn ada campuran wortel & brokoli sayuran kesukaaanku :)

    BalasHapus
  22. Sepertinya mudah untuk dicoba nih... thanks ya, resepnya. InsyaAllah saya akan coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk mb dicoba smg sikecil suka ya :)

      Hapus
  23. Kenapa aku kalo buat nugget itu panirnya gampang sekali rontok ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mugkin celupan telurnya kurang mb trs hbs dipanir lgsg masukkan freezer jadi panirnya nempel kuat :)

      Hapus
  24. idem mak enny, saya juga lebih suka bikin sendiri untuk anak2 lebih terjamin kebersihannya dan tanpa pengawat...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mb lebih sreg bikin sendiri skrg,lbh terjamin kebersihan & kesehatannya :)

      Hapus
  25. wah.. ada menu sehat disini... ehm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuuk bunda rafi dicoba bikin nugget..mudah bikinnya :)

      Hapus
  26. makasi resepnya mbak enny... arya suka banget nugget :)

    BalasHapus
  27. kalau ayamnya diganti ikan, apakah ini namanya masih nugget ya mbak?

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)