Telur Ayam


Bahan makanan yang dihasilkan ayam ini selalu ada di dalam kulkasku. Karena selain mudah didapat telur juga praktis untuk dimasak apa saja. Bikin telur dadar,nasi goreng,mi goreng,martabak,bahkan untuk membuat roti juga butuh telur :)
Tapi tahu nggak sebenarnya apa saja manfaat telur ?..


Manfaat telur ayam:
  1. mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. gizi yang terkandung di dalam telur ayam per 100 gram-nya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 miligram zat besi, dan 61,5 gram retinol atau biasa disebut sebagai vitamin A. jadi bisa dibilang makan telur ayam sangat bermanfaat untuk anak-anak yang lagi di masa pertumbuhan
  2. membantu mengembalikan stamina tubuh. karena kandungan protein yang cukup jadi telur ayam bagus buat yang sudah seharian capek beraktivitas.
  3. dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, sakit di usus besar, atau maag.
  4. protein sempurna untuk otot. protein putih telur punya nilai biologis atau BV (bilogical value) yang paling tinggi kandungannya.
  5. mengurangi berat badan. sarapan pakai telur ayam bisa memberikan tenaga untuk tubuh dan untuk membakar lemak dan kalori sambil membentuk otot. Sebuah penelitian di Pennington Biomedical Research Center membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi dua putih telur setiap pagi, berat badannya berkurang hingga 65% dan merasa lebih berenergi, daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti biasa. 
Telur ayam paling bagus bagi penderita anemia defisiensi besi yang mengalami radang. Namun dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi telur tapi cukup 1 butir/hari, karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak.

Tips memilih telur yang baik:

- Pilihlah telur ayam yang kulitnya bersih.
- Coba guncangkan/kocok telur, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Telur yang baik tidak akan berbunyi, begitupun sebaliknya. Jika berbunyi, maka berkemungkinan bahwa telur tersebut sudah kurang bagus.
- Pilihlah telur yang tidak bau. Karena telur yang telah busuk memiliki bau yang tidak sedap, dan ada sebagian orang bilang, bau busuk dari dalam telur biasanya dapat tercium dari luarnya.
- Pilihlah telur yang berbentuk lonjong. Biasanya, telur yang berbentuk lonjong memiliki kuning telur yang lebih banyak jika di bandingkan dengan telur yang berbentuk agak bulat.
- Rendam di dalam air. Telur yang baik akan tenggelam, sedangkan telur yang sudah kurang bagus akan mengapung. Hal ini untuk lebih memastikan dalam memilih telur yang baik ketika kamu hendak mengolah/memasak telur di rumah dalam jumlah yang banyak. Karena sangat disayangkan jika telur-telur yang telah kamu masak ternyata ada salah satu atau beberapa yang tidak baik/busuk diantara telur lainnya.
nah..selamat makan telur ya : D

* pindahan dari blogku My World


24 komentar:

  1. suka banget telur dadarrrrrr.....jadi ngilerrrr lihat gambarnyaaaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo mb..cepetan digoreng telurnya ^_^

      Hapus
  2. saat malam2, lauk habis, biasanya saya lansung menyambar telur ayam, hehehe.... iris bawang merah/putih, sedikit wortel, cabe, garam, sedikit tepung, dicampur, trus... digoreng... sreng.... mantap deh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas sama..bawang merahnya yg banyak ueenakk..rasanya ada krues2nya.. :D

      Hapus
  3. mbak enny harus tanggung jawab, saya jadi laper liat gambar di atas ^^

    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. daku ndak nanggung..tp ku jawab aja mas komentnya..hihi

      Hapus
  4. mari kita bertelur!!! bhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. weleehh...kok malah produkdi telur sendiri hehehe :D

      Hapus
  5. samaan bu, pasti ada dikulkas slau nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. persediaan selalu ada ya mb..jd sewaktu2 bth tinggal comot di kulas :D

      Hapus
  6. pascal suka banget sarapannya pakai telur orak arik mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah sama mb..zidan jg suka..aplg kl orak ariknya pake mentega..lbh guriihh.. ^_^

      Hapus
  7. Hamasku lebih suka telur bebek, tapi telur ayam juga mau kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl telur bebek selain dibikin telur asin blm prnh nyoba mb.. ^_^

      Hapus
  8. nah ini nih kesukaan anakku.. Pokoke dia slalu lahap klo lauknya telur. Kadang mlh minta cemilan telor rebus. Hadeeh.. Aku mlh sampai was2, takut kebanyakan..

    BalasHapus
  9. telur emang wajib stok kl buat sy ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb..telur selalu ready di kulkasku ^_^

      Hapus
  10. wajib ada persediaan telur ayam,
    tapi aku sendiri malah nggak doyan2 amat sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok gk doyan mb..nyam2 lho kl didadar pake bawang ^_^

      Hapus
  11. hampir tiap hari telur selalu tersedia di rumah saya Mbak, maklum dekat pasar. Tapi ibuke anak-anak belinya sering kali yang 'bentes' yang masih seger. lebih murah kualitas sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah memang lbh fresh mas kl gitu..masih bisa 'milih' lg ^_^

      Hapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)