Si Ungu yang Banyak Manfaat



Suka makan terong gak?..Nyam..nyam..kalau dimasak balado terong, atau digoreng dan dicolek ke sambel terasi..hhmm...
Aku lumayan sering masak terong karena terong temasuk sayur kesukaan suamiku.
Tapi tahu gak kalau si ungu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan ?..
Antara lain terong ungu berkhasiat menghentikan perdarahan (seperti BAB berdarah), menurunkan kadar kolesterol, menurunkan panas, mengobati sakit kulit, mencegah sakit jantung koroner dan kanker.
Lengkapnya yuukk..baca catatan di bawah ini..semoga bermanfaat :) 




Terong atau terung (Solanum melongena) ialah tumbuhan yang tergolong dalam keluarga Solanaceae dan genus Solanum. Ia merupakan tumbuhan asli India dan Sri Lanka, dan berhubungan erat dengan tomat dan kentang. Buahnya biasa digunakan sebagai sayur untuk masakan. Nama botaninya Solanum melongena.

Buah ini mengandung banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu boleh dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Ini tidaklah mengherankan karena terong adalah saudara dekat tembakau. Ukuran buah terung berbeda-beda antara kecil hingga besar, tergantung budidayanya. Buah terong mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih.

Manfaat Terong untuk Kesehatan



Menghambat kerusakan pembuluh darah
Manfaat terong ini dapat kita peroleh karena buah terong memiliki kemampuan untuk menekan dan mengatasi arterosklerosis atau bisa juga disebut sebagai buah penetral kerusakan pembuluh arteri.
Dengan adanya kemampuan ini, buah terong dapat mengurangi lemak dan mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri.

Mengatasi epilepsi
Terong memiliki kandungan skopolamin, striknin, skoparon, dan skopoletin sehingga dapat membantu mengatasi penyakit epilepsi beserta gejalanya yang meliputi gugup/sawanan, hingga kekejangan saraf.

Mengobati sakit pinggang
Manfaat terong ini telah banyak dibuktikan oleh masyarakat Korea. Mereka mengeringkan buah terong dan mengonsumsinya untuk mengatasi sakit pinggang yang meliputi pinggang kaku, nyeri, encok, dll.

Mengatasi Kanker
Buah terong merupakan buah yang sangat bagus untuk membantu mengurangi serangan kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.

Bagi kaum hawa, terong punya manfaat tersendiri. Sayuran ini mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh wanita hamil dan janin yang dikandungnya. Asam folat berperan dalam mencegah kerusakan otak bayi di dalam kandungan. Air rebusan akar terong juga dipercaya sebagai tonik bagi wanita setelah proses persalinan.

Terong juga bisa diandalkan untuk urusan kecantikan. Wanita Eropa sering memanfaatkan terong untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, serta menghilangkan jerawat. Caranya, terong dihaluskan bersama yogurt tawar, lalu diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Jangan buang kulit terong karena kulit terong mengandung nasunin, flavonoid yang berperan sebagai antioksidan kuat pengikat radikal bebas. Menurut penelitian di University of California, Amerika Serikat, nasunin terbukti dapat melindungi membran sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas.

Banyak mitos mengatakan kalau terong membuat badan menjadi loyo. Mitos ini harus dikikis habis, fakta justru sebaliknya. Terong justru mendongkrak gairah seksual pria karena efek afrodisiaknya. Penelitian ilmiah punya fakta lain, terong dapat mencegah kanker, kaya serat, mengandung vitamin (A, B & C) dan mineral penting lainnya.

Oya ada catatan penting tentang terong ini :
Terong mengandung sejumlah oksalat, karena itu penderita batu ginjal akibat endapan oksalat jangan mengonsumsi terong.
Hindari mengonsumsi terong yang rasanya pahit karena racun yang ada akan mengiritasi membran mukosa (selaput lendir). Racun ini bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah. Sebaiknya terong dimasak sebelum dimakan karena kandungan racunnya sensitif terhadap panas.


( Sumber Health Article )

*'pindahan dr blogku My World




45 komentar:

  1. Terong? Sering saya dengar namun saya masih kurang begitu suka untuk mengkonsumsinya. Bayangan rasanya yang mungkin tidak berselera.

    Tapi mengingat manfaatnya yang begitu banyak, saya akan pertimbangkan untuk menyiapkan mental untuk menyantapnay kelak. Salam dari Pontianak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bayangan rasanya gmn mas ?..hehe.. jgn dibayangin lgsg santap aja deh ^_^

      salam dr tulungagung :)

      Hapus
  2. wah ini kesukaanku loh.. Foto paling atas tuh bikin ngiler deh..
    makin suka deh krn manfaatnya ternyata buanyaak.. :D

    BalasHapus
  3. saya malah kebalikan mas Asep, kami sekeluarga sukaaa bgt ma mknan yg satu ini, dan setelah tahu khasiatnya,, sprtnya akan nambah setok nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah penyuka terong jg ya mb..kl terong disantap bareng sambel hhmmmm... ^_^

      Hapus
  4. Aku suka SATE ini, sambal terong maksudnya :D

    BalasHapus
  5. ahh,,jadi tenang deh konsumsi ni [bocah]. mimi dan suami paling doyan sm terong ini tp sempat dengar teman mimi bilang klo cewek ga boleh terlalu byk konsumsi ntar loyo ?!?!
    biar ku print ni posting kasi unjuk ke dia wkwkwwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mi..byk yg bilang terong bikin loyo pdhl gak kan ^_^
      boleh diprint yg banyak kok mi.. :D

      Hapus
  6. wah, ternyata banyak banget manfaatnya mbak. untungnya saya nggak alergi terong. :D
    terimakasih sharingnya.

    BalasHapus
  7. Terong is one of my most favorite food. Enaaakk..
    Dibilang bikin lemes mah gak ngaruh.
    Apalagi kalo udah dibakar ato digoreng tambah sambel kacang.. hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku br tau kl terong dicampur sambel kacang..hhmm gmn ya rasanya ^_^

      Hapus
  8. kesukaan keluarga besar, kalau ngumpul2 selalu ada nih
    dicampur ke sambal dan makan dengan ikan goreng atau bakar, sedaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmm.. iya mb mantap kl terong goreng + sambal..kyknya pasangan serasi deh :D

      Hapus
  9. klw sy baik di rumah atau di kantor..malah di bilang aneh suka sama makanan yg satu ini...apalagi klw di sambalin kya gambar diatas..hmm ma nyos..

    pernah baca satu artikel jg masih mslh terong..konon dulu katanya..masa jaman penjajah belanda..mayrkt kita di beri isu..bahwasan klw ngosumsi terong ini dapat menyebabkan stamina menjadi loyo..pdhl kita dibodohi oleh mereka..coz menggingat kandungan di dlmnya yg byk manfaatnya.. :)
    nice post ..sukses n salam knal dari Jakarta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. akalnya org belanda biar kita gk makan terong, terongnya dibawa ke belanda semua kali ya..hehe..

      salam kenal jg..trimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  10. Yupz.. itu hanya mitos kok kalau mengkonsumsi terong badan bisa lemes.

    Sekarang saya juga tahu kalau dibalik terong banyak manfaat yang kita dapatkan.. Hidup terong..!

    besok request pecek terong aja ah sama emak

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah penggemar terong jg mas.. yuupp..hidup terong !! :D

      Hapus
  11. Makanan yang paling aku benci sedunia kenapa koq kamu suka banget yang ini cantik...??

    BalasHapus
  12. baru tau kalo terong ternyata banyak manfaatnya ya... :)

    dulu gua gak suka lho makan terong. at all.
    baru suka pas disini di restoran indo deket rumah ada ayam penyet pake sambel terasi dan ada terongnya. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pas di Indonesia malah gk suka..tp pas jauh dr indonesia malah jadi suka terong ya..hehe tp memang mantaapp bgt dah kl terong temennya sambel trasi..hhmmmm....

      Hapus
  13. Wah enyak enyak, suka bgt ma trong tapi baru tau manfaatnya ...

    BalasHapus
  14. hmmmmm... nyam.. nyam... emang terog tu enak deh kalo di balado ^^

    BalasHapus
  15. untungnya terong banyak manfaatnya...hobi makan sih >,<

    BalasHapus
  16. ini dia nih.. seumur2 blm pernah makan yang namanya terong :(
    adakah saya tipe yang bermasalah?!? picky eater?!?! :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhmm..ada apa dengan terong yaa.. :D

      Hapus
  17. Waahhhhh aku suka makan terong, tapi jarang aku makan terong dilalap

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba deh terong sama tempe penyet..trs terongnya dicocolin ke sambel..hhhmmmm mantaph.. ^_^

      Hapus
  18. terong balado saya juga doyan banget lho mbak...apalagi di tambah pete...wuaahhh..mantap deh...;)

    ternyata terong termasuk sayuran yang kaya manfaat ya mbak...

    putranya mbak enny namanya zidan juga ya...salam juga untuk zidan ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku blm pernah terong campur pete mam..kpn2 deh dicoba.. :)

      trimakasih mam salamnya :)

      Hapus
  19. aku suka banget terong yang di balado itu ... mmmmmmmmm yummy

    BalasHapus
  20. aku suka banget sama blognya..
    isi blog dan postinganya bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)
    jangan lupa untuk terus menulis menulis yaa..^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii..salam kenal :)
      aku pasang linknya yaa :)

      Hapus
  21. ini sih masakan andalan mbak, kalau gak sempet masak sayur ya teorng ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bk lidya jago mengolah terong nih kyknya :))

      Hapus
  22. digoreng doank juga enak tuh :D

    BalasHapus
  23. terong mah paporit kita dari jaman kalabendu

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)