Kayak Nama Bule..


Komentar ini kudengar saat aku mengantar Zidan les Bahasa Inggris. Sore itu untuk kali kedua ia masuk ke dalam kelas Inggris khusus kelas 3 SD. Aku sengaja menungguinya karena les hanya 1 jam saja dan jarak antara tempat les dan rumahku lumayan jauh. Ntar aku tinggal pulang baru nyampe rumah sudah waktunya jemput..capek dijalan dong..hehehe..

Setiap akhir pelajaran seperti biasa satu persatu nama anak dipanggil untuk absen.
Karena aku menunggu Zidan di luar deket jendela kelas jadi suara aktivitas di dalam kelas bisa kudengar jelas.
" Fiter Mexenn Zidani.." suara mom Ratih ( guru bhs inggris ) memanggil nama Zidan.
" Yes mom.." jawab Zidan.
" Hhhmm..namamu kayak bule. Artinya apa ?" tanya Mom Ratih.
Hening tak ada jawaban. Aku juga penasaran apa jawaban Zidan. Karena aku pernah menceritakan arti namanya..tapi sudah lama sih saat dia masih Play Group dulu. Mungkin dia sudah lupa.

Lalu saat kami sampai dirumah aku bertanya pada Zidan.
" Tadi di kelas mam Ratih nanyain arti nama kamu, yaa.."
" Kok mama tahu.."
" Tadi mama denger pas diluar..trus Zidan jawab gimana ?"
" Lupaa.." Zidan mengangkat bahu.
Ya memang sudah lama sekali aku bercerita tentang arti namanya pada Zidan. Kalo gak salah saat Zidan Play Group dulu. Jadi wajar kalo dia sudah lupa.

Zidan adalah nama pemberian dari seorang Habib, sahabat suamiku waktu bekerja di Probolinggo dulu. Suamiku pernah bercerita pada habib itu kalo kami punya anak laki-laki nanti ingin sekali diberi nama Zidan. Karena suamiku waktu itu suka sekali sinetron Religi Lorong Waktu yang pemeran utamanya Deddy Mizwar. Dan dalam cerita itu ada seorang anak laki-laki yang sholeh, pintar, cakep & lucu namanya Zidan. Tapi suamiku gak tahu apa arti nama Zidan dalam bahasa arab, dia minta tolong dicarikan nama arti Zidan pada sahabatnya itu.
Di luar dugaan habib itu malah bilang " Dikasih nama Fiter Zidani aja.."
Fiter dari kata Fitrah yang artinya suci ( Zidan lahir beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri ) kalau Zidani artinya mulia. Lalu kami menambahkan nama Mexenn ditengahnya. Mexenn adalah singkatan dari Mexi dan Enny, nama suamiku & namaku. Jadi Fiter Mexenn Zidani artinya anak Mexi & Enny yang suci & mulia..amiinn..

Jadi jika ada yang mengira nama lengkap Zidan kayak nama bule itu terserah penilaian orang yaa hehe..tapi sebenernya nama itu malah diambil dari bahasa arab pemberian seorang habib sahabat suamiku.
Kami menerima nama pemberian dari habib karena nama itu bagus sekali artinya. Bukankah nama anak merupakan harapan & doa dari orangtuanya :)


30 komentar:

  1. hihihi. .
    Tak kira Mexenn itu termasuk bahasa bule juga, Mam dan ternyata singkatan nama. :)

    Memang sudah seharusnya, anak dikasih tahu arti dari namanya sendiri, biar tambah pede juga ya, Mam. :))

    Coba kalau tidak tahu arti darinamanya sendiri, mungkin malah malu punya nama. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..iya padahal singkatan nama bapaknya sm emaknya ^_^

      Hapus
  2. namanya emang unik y mbak.. tapi artinya bagus :)

    BalasHapus
  3. oh saya pikir papanya pengagum pemain bola dari perancis Zinedine Zidan..., yup nama yang baik mbak Enny

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbnrnya ngefans juga sih sama zinedine zidan ^_^
      trimakasih kunjungannya mas insan :)

      Hapus
  4. wah...nama yg bagus mbak, emang mirip nama bule sih....:)
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih mb sri..
      salam kenal jg ya :)

      Hapus
  5. hhh iya kalo saya dengar pasti akan berpikiran sama, mungkin ada garis keturunan bule, eh ternyata salah. Ada makna-makna di baliknya.

    Begitulah, bahwa yang pernah saya dengar nama itu mengandung do'a, yang Rosululloh SAW menganjurkan umatnya memilih nama anak dengan nama yang bagus dan islami.
    Kalo nggak salah Zidan itu bisa diartikan bertambah, jadi kali fiter dimaksudkan suci, tentu ini menjadi rangkaian do'a dari keluarga mbak Enny, agar kelak thole menjadi insan yang bertambah hari bertambah menuju kesucian diri. Subhanalloh.
    Wallohu'alam

    BalasHapus
  6. hihii..namanya emang keren tuuh,mbak. Pantesan awam bagi yg blom denger. Smoga Zidan kelak bisa tumbuh berkembang sesuai harapan dan cita2 yang didoakan orangtua. Amin

    BalasHapus
  7. nama yang sepertinya ngga ada yang ngembarin ya mbak...
    Keren dan artinya bagus...

    BalasHapus
  8. memang mirip bule kok mbak.
    semoga kelak menjadi anak yang sesuai harapan & doa orang tuanya. amin.. :)

    BalasHapus
  9. mirip nama saya tuh, Bunda. hehehe...Inget di pelem-pelem, camera, rolling, mexenn! heheh--canda lo Bun! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eettdaahh..mas walank iki.. itu mahh actiion mas...wkwkwk

      Hapus
  10. Nama Zidan cocok sekali untuk si ganteng ini Mbak :)

    BalasHapus
  11. keren bgd namnaya..artinya jg bagus sebagus rupanya heheh

    BalasHapus
  12. namanyaa keren dan yg punya nama ganteng orgnya

    BalasHapus
  13. hahaha iya ya namanya kayak nama2 orang eropa gitu ya... :D

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)