10 Kuliner Sukabumi yang Wajib Dicoba

credit: detik.com

Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari. Semua umat Islam pasti menantikan hari kemenangan setelah 30 hari berpuasa,
Lebaran adalah waktunya berkumpul dengan keluarga, sanak saudara yang jauh tinggal di perantauan juga berdatangan untuk bersilaturahmi serta bermaaf-maafan.
Termasuk aku yang bahagia banget kalau lebaran tiba. Bisa bertemu kakak-kakak, keponakan-keponakan, om, Tante, bude dan semua kerabat yang mungkin cuma setahun sekali ini aja ketemunya karena memang kebanyakan tinggal di luar kota.

Selain bersilaturahmi dan bermaaf-maafan, lebaran juga jadi kesempatan untuk jalan-jalan bareng keluarga. Apalagi kalau ada bocil waduh pasti deh pada minta jalan-jalan ke tempat wisata. Tapi yang paling asyik nih kami sekeluarga punya hobby yang sama yaitu suka wisata kuliner!
Ini seru banget sih, karena kita mencoba makanan khas daerah atau kota lain yang sebelumnya belum pernah kita coba. 

Oya teman-teman pernah wisata ke Sukabumi?
Btw sudah kebayang belum kalau sedang jalan-jalan di Sukabumi mau wisata kuliner ke mana?
Di Sukabumi ada banyak tempat wisata keren yang wajib dikunjungi seperti Jembatan Gantung Situ Gunung, Curug Sawer, Danau Batu Bacan, Santa Sea Waterpark dan masih banyak lagi.
Kalau jalan-jalan mengunjungi tempat wisata Sukabumi pasti gak lengkap dong kalau gak mencicipi kuliner Sukabumi. Ini juga yang paling aku suka, wisata kuliner bareng keluarga ke Sukabumi.

Buat teman-teman yang kebetulan sedang berlibur ke sana, pastikan jangan lewatkan beragam makanan khas Sukabumi. 
Tak hanya unik, namun cita rasa kulinernya pun enak bikin nagih. Harganya juga murah meriah ramah dikantong. 
Ini aku kasih bocoran wisata kuliner yang enak dan wajib dicoba di Sukabumi.

10 Wisata Kuliner Sukabumi yang Wajib dicoba

1. Sate Kambing H. Mamat

Buat pecinta daging kambing, warung Sate Kambing H. Mamat menjadi tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi saat liburan di Sukabumi. Karena racikan sate kambingnya mantul alias mantap betuull. 
Tekstur dagingnya empuk karena menggunakan daging kambing muda dan segar.

Warung sate legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an ini menyediakan beragam menu seperti sate kambing, sate ayam, sate sapi, dan sop kambing. 
Rate harga mulai sekitar 15 ribu-an rupiah tergantung jenis dan jumlah sate yang dipesan. Sate H. Mamat semakin terkenal setelah dikunjungi Presiden Joko Widodo, mentri, dan pejabat.

Buat teman-teman yang ingin kuliner Sate Kambing H. Mamat bisa langsung cuzz ke;
Lokasi / alamat Sate Kambing H. Mamat terletak di Jl. A. Yani No.39, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

2. Bubur Ayam Bunut Siliwangi

Credit: detik.com

Kuliner selanjutnya yang wajib dicoba  adalah kuliner legendaris Bubur Ayam Bunut Siliwangi yang telah berdiri sejak tahun 1980-an.
Walau sudah puluhan tahun namun cita rasa bubur ayamnya tetap terjaga kelezatannya sampai sekarang. Jadi gak heran kalai kedai bubur ini pun selalu ramai pembeli.


Keistimewaan Bubur Ayam Bunut terletak pada sajian toppingnya yang beraneka ragam, mulai dari kacang kedelai, suwiran daging ayam, bawang goreng, cakwe, ati ampela, telur ayam muda, dan kecap. 
Yang menjadi ciri khas bubur ayam Sukabumi ini yaitu disajikan tanpa kuah, namun buburnya sudah dibumbui sehingga terasa enak.
Nah sebagai lauk pelengkap, tersedia kroket atau risol berisi bihun dan pastinya endul banget rasanya.

Rate harga seporsi bubur ayam ini sekitar 20-an ribu rupiah. Namun, harga tersebut sebanding dengan cita rasa enak yang didapatkan.

Lokasi Bubur Ayam Bunut Siliwangi terletak di Jl. Siliwangi No.93, RT.01/RW.04, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi.


3. Mie Goreng Mang Udin Nusantara 


Credit: merdeka.com

Kuliner Sukabumi legendaris berikutnya yang terkenal wajib dicoba adalah Mie Goreng Mang Udin Nusantara. Warung yang berdiri sejak tahun 1980-an ini punya ciri khas berupa mie goreng porsi jumbo. Saking banyaknya, satu porsi mie goreng di sana bisa dimakan untuk 3 – 4 orang.
Soal rasa, tentu tak perlu dikuatirkan lagi! Meskipun porsinya melimpah, tapi rasanya sungguh enak menggugah selera. Apalagi, penggunaan kecap manis produksi lokal dalam proses memasaknya membuat cita rasanya semakin sedap. Rate harga mie goreng dibanderol 45 ribu rupiah per porsi, dan 35 ribu rupiah untuk setengah porsi.
Lokasi Mie Goreng Mang Udin Nusantara terletak di Jl. A. Yani No.212/232, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 10.00 – 23.30 WIB.

4. Geco PDAM Abah Dodo

Credit: Indonesiatraveller.id

Geco merupakan salah satu kuliner khas Sukabumi yang cukup populer dikalangan warga lokal. Geco sendiri berasal dari kata tauge dan tauco sebagai bahan dasarnya. Bila ingin mencicipi geco bercita rasa enak, teman-teman bisa langsung datang ke Geco PDAM Abah Dodo di Jl. Bhayangkara No.207, Gunungpuyuh, Kab. Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Mirip seperti toge goreng khas Bogor, seporsi geco berisi tauge, tauco, ketupat, potongan kentang, telur rebus, mie, cuka lahang, kecap manis, dan sambal cabai rawit. Cita rasa geco terbilang unik, dalam satu makanan terdiri dari rasa asam, manis, asiin, gurih, dan pedas.

Harga seporsi Geco PDAM dibanderol sekitar 10 ribu rupiah. Murah meriah, bukan? Jam buka warungnya mulai pukul 07.30 sampai 14.00 WIB.

5. Bandros Ata

Credit: Sukabumiupdate.com

Jika ingin mencoba kuliner Sukabumi yang berupa camilan / jajanan. Ada satu kue tradisional yang sangat terkenal di Sukabumi, namanya Bandros Ata.
Bandros merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan kelapa, lalu dimasak dalam cetakan khusus. Di berbagai daerah, bandros memiliki nama lain seperti kue pancong, serabi miring, dan gandos rangin.
Berbeda dengan bandros pada umumnya Bandros Ata punya ciri khas tersendiri, yaitu teksturnya padat agak keras dengan ukuran lumayan besar. Agar lebih nikmat, bisa menambahkan topping keju atau coklat pada bandros. Cita rasa Bandros Ata enak di lidah, apalagi disantap saat masih hangat.
Sebagai teman makan bandros, kita bisa memesan minuman berupa jahe, jahe susu, atau kopi. Meskipun hanya berupa warung kaki lima pinggir jalan, namun hampir setiap malam ramai pengunjung. Rate harga bandros topping cokelat keju sekitar 18 ribu rupiah.

Lokasi Bandros Ata terletak di Jl. Gudang No.4, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 16.00 – 22.00 WIB.

6. Sekoteng Singapore

Credit: instagram@joealief

Kalau sedang mencari kuliner malam Sukabumi yang bisa menghangatkan badan, maka Sekoteng Singapore menjadi pilihan tepat. Kuah panasnya yang terbuat dari jahe dan susu kental manis akan membuat perut terasa hangat.
Isiannya juga lengkap, ada kacang hijau, pacar cina, kolang kaling, biskuit, roti, dan manisan. Soal harga, tentu saja murah terkangkau bagi wisatawan. Hanya dengan uang 15 ribu rupiah, Anda sudah bisa menikmati kehangatan seporsi Sekoteng Singapore.

Lokasi warungnya terletak di Jl. A. Yan
i No.293, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka pukul 14.00 – 22.00 WIB.

7. Surabi Duren


Credit: Sukabumi.jabarekspres.com

Surabi adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung beras dan dimasak dengan cara dibakar pada tungku cetakan dari tanah liat. Makanan tradisional ini populer di kawasan Kota Bandung, tapi kita juga bisa menemukan surabi enak di Sukabumi, lho.
Surabi recommended ada di Sea 97 Food Kedai Surabi Duren, di sana ada kedai surabi dengan cita rasa enak banget. Varian toppingnya juga banyak pilihan, mulaip dari durian, pisang, cokelat, keju, sosis, oncom, telor, dan sebagainya. Selain surabi, ada juga menu camilan lain seperti pisang bakar, roti bakar,sosis goreng, dan colenak.

Rate harga sekitar 8 – 15 ribu rupiah, tergantung jenis makanan dan topping. 

Lokasi Sea 97 Food Kedai Surabi Duren terletak di Jl. Sudirman No.73, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB.


8. RM Cikole

Masih di kawasan Cikole Kota Sukabumi, ada RM Cikole yang juga menyajikan menu ayam. Di sana, kita dapat menikmati ayam goreng / bakar tulang lunak dengan tekstur empuk, lembut, dan enak di lidah. Ada juga menu lain yang tak kalah lezat, seperti empal / gepuk, udang, cumi, pepes bandeng, sop buntut, sayur asem, dan sebagainya.

Untuk minuman, kita bisa menikmati jus buah, kopi, aneka es, hingga bandrek. Rate harganya lumayan murah sekitar 4 – 17 ribu-an rupiah. Lokasi / alamat RM Cikole terletak di Jl. Cikole Dalam No.34, Cikole, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka pukul 08.00 – 19.00 WIB.

9. Nasi Kuning Banjir

Credit: Sukabumiupdate

Nasi kuning merupakan makanan khas Nusantara yang populer di berbagai daerah, termasuk Sukabumi. Nah, jika Anda kebetulan ingin mencicipi sajian nasi kuning enak di Sukabumi, maka wajib mampir ke Nasi Kuning Banjir.
Letaknya memang di sebuah gang, namun kelezatannya juara banget! Nasi kuningnya t
erbilang unik, dimana nasinya disiram kuah kari / lodeh sehingga banjir akan kuah. Mungkin karena hal ini, maka dinamakan Nasi Kuning Banjir.

Untuk topping nasi kuningnya, tersedia aneka lauk pendamping mulai dari kerupuk bawang, peyek teri, tempe orek, telur balado, dan empal daging. Tekstur nasinya sendiri pulen dengan aroma harum, dan tidak terlalu gurih sehingga pas dipadukan dengan kuah sayur bercita rasa gurih.

Rate harga Nasi Kuning Banjir dengan lauk lengkap sekitar Rp.25.000,- per porsi. Lokasi / alamatnya terletak di Gang Nugraha, Jl. A. Yani, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka pukul 05.30 – 09.15 WIB. Agar tak kehabisan, sebaiknya datang pagi karena jam 8 biasanya sudah habis.

10. Es Teler Nugraha

Credit: Sukabumiku.id

Bukan hanya minuman hangat, Sukabumi juga punya sajian kuliner dingin menyegarkan, yaitu Es Teler Gang Nugraha. Warung es legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an ini menawarkn es teler / es campur yang enak menggoyang lidah.

Satu porsi es teler / es campur Gang Nugraha berisi kacang hijau, pacar cina, nata de coco, irisan roti tawar, dan buah-buahan seperti alpukat, kelapa, dan blewah. Isian tersebut lalu ditutup dengan es serut, lalu diberi susu kental manis di atasnya. Rasanya sungguh segar dan legit!
Harga semangkok es Gang Nugraha dibanderol sekitar 12 ribu rupiah. Lokasi / alamatnya terletak di Gang Nugraha, Jl. A. Yani No.145, Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Jam buka pukul 09.00 – 15.30 WIB.
Tempat wisata yang beragam dan menawan serta ada banyak tempat wisata kuliner yang menggugah selera, teman-teman harus luangkan waktu untuk berkunjung ke Sukabumi. Dijamin gak nyesel deh, karena ada banyak tempat wisata serta makanan endul yang harus dicoba di Sukabumi.

Mau liburan bareng keluarga atau rombongan sama teman-teman ke Sukabumi pasti seru. Beberapa hari menjelajah Sukabumi mencoba kulinernya yang sedap. 
Bingung mau menginap dimana dan takut kantong jebol? 
Aduh jangan khawatir deh, aku punya Rekomendasi Hotel Murah di Sukabumi yang pastinya nyaman serta ramah di kantor. Ada banyak pilihan tempat menginap di Sukabumi yang bisa disesuaikan budget serta mau menginap di daerah mana. Pastinya liburan jadi lebih asyik kalau kita sudah dapat tempat menginap yang murah dan nyaman ya.



20 komentar:

  1. Sebelum puasa kemarin aku ke sukabumi mbaaaa πŸ˜„. Puas deh walo cuma 2 malam. Kulineran dan wisata.

    Beberapa kuliner di atas kayak bunut, sate h mamat, skoteng sing, aku cobain. Yg lainnya blm.

    Tapi sempet coba warung nasi kepala sapi h empud, soto mie mang oce, mochi lampion kaswari, bakcang halal kedai ayam 88 ama buryam pak raden. Enaaaak semuanyaπŸ‘πŸ‘πŸ˜.

    Makanya mau bgt sih kalo next ke sukabumi. Apalagi tempat ga jauh dr jkt.

    Utk hotel Kami stay di sparks odeon by artotel. Ga nyesel sih, bagus, nyaman dan lokasinya strategis bgt ternyata. Dekeet kemana2 dan ama tempat makan πŸ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh saya salah nih bacanya pagi2 jadi laper deh. Bbbrp thn yl ke Cibadak, disuguhin naskun enak lho

      Hapus
  2. Wah thank you for recommendations Karena kaka ipar saya di sukabumi. Nanti bisa masukin list di atas jadi list "Place to go".

    BalasHapus
  3. Makasih rekomendasinya. Waktu zaman kuliah suka ke sukabumi, cuman blm dapat banyak rekomendasi kuliner. Skrng bisa jadi pegangan ni infonya. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  4. Kebetulan saya mudik akan ke Sukabumi. Berkat artikel ini, saya jadi tahu harus mencicipi kuliner apa saja. Tapi, agak sedikit disayangkan saya tidak menemukan bubur legendaris di Sukabumi yang saya sukai dalam list ini :(

    BalasHapus
  5. Saya baca tulisan ini pas lagi ramadan, dan saya auto ngiler semua makanan itu haha. Dan ngomongin Sukabumi kayaknya saya terakhir jalan2 ke Sukabumi udah lama banget deh, saking lamanya jadi lupa wkwk. Tapi mau catet ah siapa tau dalam waktu dekat ternyata bisa berkunjung ke Sukabumi skalian kulineran

    BalasHapus
  6. Kuliner Sukabumi yang diulas di sini pasti akan menjadi panduan yang berguna bagi mereka yang ingin menjelajahi kuliner di daerah tersebut. Informasi yang lengkap dan menarik.

    BalasHapus
  7. Ketika keluar kota tuh justru makanan yang saya cari ketika pagi hari tuh bubur. Entah kenapa saya suka mencicipi bubur khas daerah yang punya karakteristik sendiri. Belum pernah ke Sukabumi, tapi kalo ke sana saya akan cari itu Bubur Ayam Bunut Siliwangi. :)

    BalasHapus
  8. Geco itu apakah sama kaya ketoprak ya? atau malah kupat tahu? sekilas kok kelihatan mirip

    BalasHapus
  9. Banyak juga ya rekomendasi kuliner kalau berkunjung ke Sukabumi. Sate H Mamat, Sekoteng sama buburnya saya juga pengen cobain kalau punya kesempatan ke sana

    BalasHapus
  10. Sepuluh makanan ini gada satupun yang ga dipengenin..
    Semuanya enak
    Semuanya melokal
    Kulineran di Sukabumi kayanya seru yaa
    Apa kudu dapet jodoh orang Sukabumi biar puas jajan hahaha

    BalasHapus
  11. Saya belum pernah ke Sukabumi. Tapi 10 kuliner ini tampak menjanjikan dan layak dicoba.

    BalasHapus
  12. Sebagai warga asli Sukabumi, hampir semuanya sudah pernah saya coba. Apalagi Surabi Duren, harganya terjangkau. Tapi sekarang kedainya sudah agak modern dengan bangunan yang bagus pakai nama Sea 97 Food. Padahal sebelumnya ini kedai sangat otentik dan jadi andalan nongkrong anak-anak Sukabumi.

    Saya sendiri sebelum kedai ini ganti wujud fisik, pernah nyari2 kok kedainya udah gak ada. Padahal ganti bangunan.

    BalasHapus
  13. Rekomendasinya sih enggak main-main nih, semua memang terlihat lezat sekalee,kakak. Tetapi aku tuh sukanya surabi apalagi pakai duren tuh,ulala enaknya ya.

    BalasHapus
  14. Kulinernya Sukabumi pada enak-enak semua ya ampuunn. Menggugah selera. Semoga aku bisa segera traveling ke Sukabumi. Doain ya kak.

    BalasHapus
  15. Geco, serabi dan sekotengnya jadi bikin mupeng menatapnya di siang hari ini kak En, hehe.
    Noted dulu, siapa tahu pas lagi ke Sukabumi ketemu nih sama rekomendasi ini

    BalasHapus
  16. Wadoooh.. Baca artikel ini di sore hari saat bulan puasa pula.. Mana menunya seleraku semua.. Sate kambing, es teler, surabi duren, bubur ayam full toping.. Bikin mupeng banget.. πŸ˜πŸ˜„

    BalasHapus
  17. Ahhh saya salah nih bacain blog ini malah pas lagi siang-siangnya :(. Jadi pengin ngerasain Sekoteng Singapore. Kenapa ya dinamakan begini? Penasaran sama sejarahnya juga

    BalasHapus
  18. Wah ini rekomendasi tempat makannya bikin ngiler nih. Aku dulu pernah juga ke sukabumi tapi nggak jalan-jalan soalnya cuma buat menghadiri pernikahan teman dan kami jalannya malah ke. Bandung

    BalasHapus
  19. Nikmat banget yaah.. kuliner di Sukabumi.
    Agak beda meskipun sama-sama Jawa Barat dengan Bandung. Aku pingin cobain Geco PDAM Abah Dodo nih.. rasanya cocok buat brunch yaa..

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)