Manfaat Berjalan Kaki untuk Kesehatan Tubuh

manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tubuh

Apa olah raga yang sering dilakukan teman-teman? Kalau aku berolahraga yang mudah dan bisa dilakukan di rumah atau sekitar rumah aja. Biasanya senam di rumah seminggu sekali atau dua kali. Selain itu aku juga berjalan kaki. Hhmm ini mudah sekali dan gak perlu alat tertentu serta biaya mahal untuk melakukannya ya.

Tahu gak sih kalau berjalan kaki kalau dilakukan secara rutin ternyata dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan jantung.

Berikut beberapa manfaat berjalan kaki:

1. Menjaga kesehatan jantung
Jalan kaki memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah di dalam tubuh, serta memperkuat jantung.
2. Menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, jalan kaki juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

3. Mencegah diabetes tipe 2

Olahraga ringan, termasuk jalan kaki, dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 hingga 50%. Hal ini karena jalan kaki dan olahraga lainnya dapat memicu kerja otot sehingga mampu meningkatkan penyerapan glukosa.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat jalan kaki yang satu ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang. Dengan berjalan kaki selama 30 menit setiap hari bisa membakar setidaknya 150 kalori. Semakin cepat langkah kaki, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Hal tersebut dapat membantu kita mengontrol berat badan, sehingga menjadikan tubuh lebih sehat. Olahraga ini bahkan aman dan dapat dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Kita juga perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat juga tentunya.

5. Memperkuat daya tahan tubuh

Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya, akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak olahraga.

6. Mengurangi stres

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

7. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Untuk mencegah osteoporosis, kita dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. 

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa kita kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

Selain itu, masih ada beragam manfaat jalan kaki lainnya, seperti meredakan nyeri sendi, meningkatkan energi, serta menguatkan otot. Oleh karena itu, jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga.

Ternyata banyak ya manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Tapi jika memiliki kondisi medis tertentu yang tidak memungkinkan untuk berjalan kaki terlalu lama, harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis olahraga lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.


(sumber: alodokter)



8 komentar:

  1. Saya nih sudah sejak kapan pengen merutinkan jalan kaki tapi masih jadi niat, belum terealisasi ... huhu. Padahal manfaatnya banyak ya Mbak Enny.

    BalasHapus
  2. Iya, jalan kaki adalah olahraga yang paling simpel untuk dilakukan. Aku pun saat mau pergi ke tempat mengajar yang tidak terlalu jauh dari rumahku selalu dianjurkan orang tuaku untuk berjalan kaki. Selain untuk latihan olahraga, juga menghemat bensin katanya hehehe 🤭

    BalasHapus
  3. Membaca artikel ini jadi pengen rutin olahraga jalan kaki juga. Hampir tiap hari, sih, jalan kaki. Namun, tidak sampai 30 menit. Tiap hari saya nganter jemput anak sekolah. Sekali jalan sekitar 7 menit, hhe.

    BalasHapus
  4. Yess olah raga murah meriah..biasanya kalau ada yg pengapuran olah raga yang bagus berenang sama sepedaan.

    BalasHapus
  5. Tenyata banyak sekali ya manfaat jalan kaki itu, tentunya berjalan selama minimal 30 menit ya kan, gak masuk klo cuman jalan kaki ke warung depan karena gak lama juga hehehe :)

    BalasHapus
  6. Aduh tulisannya bikin aku merasa tersindir nih, udah lama gak olahraga. Ewkwkwk. Bener banget, padahal jalan kaki aja udah cukup menyehatkan ya kalo rutin dilakukan. Gampang lagi.. Makasih mbak tulisannya :)

    BalasHapus
  7. Olahraga yang paling murah dan yang paling gampang dilakukan adalah lari.
    Paling enak memang lari itu di taman sambil lihatin yang ijo ijo

    BalasHapus
  8. Ayok jalan kaki... biar sehat. Hihi emang kerasa banget dah jaman sekarang. Warung deket aja pakai motor. Kudu mulai dibiasakan lagi jalan kaki ini mah

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)