Kenapa Nggak Boleh Menggunakan HP di SPBU?


gambar dari beritatrendz.com

Beberapa waktu lalu saya menegur seorang perempuan yang menggunakan hp di area SPBU. Padahal tepat di belakang mbak itu sebut saja Mawar sudah tertera larangan menggunakan hp. Entahlah Mawar memang nggak tahu atau pura-pura nggak tahu. Bikin geram melihatnya.
Dan herannya nggak ada seorang petugas SPBU pun yang menegur si Mawar sedang asyik  main hp. Padahal hal yang terlihat sepele itu bisa membahayakan banyak orang.

Btw kenapa sih nggak boleh main hp di area SPBU?
Yang membuat hp, smartphone atau sejenisnya dilarang digunakan di area SPBU adalah karena adanya lampu LED yang terdapat pada layar hp. LED pada hp itu "telanjang" alias filamen diodanya bisa melakukan kontak langsung dengan udara bebas di area SPBU jadi sangat berbahaya.

Pada saat menggunakan hp dan layar LED-nya menyala itu akan menimbulkan percikan api. Nah, percikan bunga api inilah  yang akan memicu kebakaran di SPBU. Meski bunga apinya sangat kecil, tapi di area SPBU dipenuhi dengan uap bensin jadi sangat sensitif dapat memicu kebakaran dan ledakan. Bahaya banget kan?
Jadi mulai sekarang jangan main hp di area SPBU dan jangan sungkan menegur orang yang masih suka main hp di area SPBU. Demi keselamatan bersama.

Berikut salah satu kejadian akibat penggunaan hp di SPBU (saya ambil dari akun Youtube Adzikiya)






14 komentar:

  1. Sereem mbaaa. Aku ya pernah khilaf pakai hape di SPBU trus langsung buru2 matiin deh hapenyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu sempat mikir ah masak sih cuma nyalain hp doang bisa memantik api. Tapi setelah tahu sebabnya sekarang gak berani lg mb 😅

      Hapus
  2. Mungkin karena gak tahu alasannya mba, cz masih banyak banget yang sibuk mainin hp di SPBU.
    Kebanyakan pada gak tahu kalau ada yang namanya aliran listrik statis, seperti lampu LED yang ada di hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin bisa juga karena gak tahu ya mb kalau sangat berbahaya..

      Hapus
  3. Oh jadi ini sebabnya ya..saya udah lama penasaran, tapi males.cari tau juga kenapa gak boleh pake hp di spbu..
    Jadi catatan penting ini

    BalasHapus
  4. Ngeri. Tapi masih banyak yang belum paham atau mungkin cuek saja. Aku juga pernah lihat orang main hape di SPBU.

    BalasHapus
  5. iya, lihat video itu serem lo ya.. untung saya memang sejak beberapa waktu lalu udah jarang pegang hp di tempat umum. takut di rampok hpnya mbak hehe

    BalasHapus
  6. Aku pernah mba saking pw wa an sma tmen d spbu ampe di himbau sama petugasny.. sejak saat iyu uda g berani main hp lg

    BalasHapus
  7. Selain masih ada yg main hp d spbu, banyak yg lupa matiin mesin. Untung para petugas sigap mengingatkan

    BalasHapus
  8. serem liat videonya, aku awalnya juga gatau kenapa ga boleh main hp waktu di spbu dan suka ada tanda larangannya. katanya se bisa kebakaran dan lain-lain, dan kenyataannya sudah banyak kejadian itu.

    BalasHapus
  9. saya baru tau loh gak boleh main Hp di SPBU.
    bahkan gak pernah perhatiin ada tanda dilarang main Hp. parah ya..

    makasi ya mab info nya

    BalasHapus
  10. Baru tahu lho penyebab nggak boleh mainan hp di SPBU kaeena itu. Makasih infonya ya Mbak?

    BalasHapus
  11. waduh, ini seharusnya disosialisasi ke semua pengguna kendaraan bermotor ya, Mbak. Ngeri efeknya, karena bukan hanya pas menggunakannya saja, maksudnya utk berkomunikasi, tp pas membuka dan lamlu LEDnya itu y

    BalasHapus
  12. Serem juga yah mba.. aku baru tau kenapa dilarang menggunakan hp di SPBU, ternyata LED nya ya.. haduh, ga lagi deh makai hp waktu di SPBU. Thanks infonya mba :)

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)