Manfaat Sari Kurma Untuk Kesehatan



(foto dari vemale.com)

Kalau buah kurma pasti teman-teman sudah tahu semua ya ? Saya sering makan buah kurma saat bulan puasa. Karena memang saat ramadhan lebih mudah menjumpai buah kurma di toko-toko dari pada hari biasa. Selain itu kurma juga cocok dimakan saat buka puasa.
Nah, kalau sari kurma ini adalah minuman yang diolah dari buah kurma asli. Sekilas warnanya mirip dengan madu, berwarna coklat tua. Rasanya manis khas buah kurma. Sari kurma juga kaya nutrisi, bahkan baik untuk penderita DBD / demam berdarah dengue karena dapat meningkatkan kadar trombosit dalam tubuh penderita DBD.



Saat Zidan kelas 6 SD pernah kena Demam Berdarah. Jumlah trombositnya turun banyak. Dapat saran dari budhenya Zidan, disuruh minum sari kurma aja. Sebenarnya buah jambu merah juga cepat menaikkan jumlah trombosit, tapi Zidan nggak suka buah jambu merah. Akhirnya pilih sari kurma untuk menaikkan jumlah trombosit. Sebotol sari kurma harganya sekitar 20rb di apotek. Ada banyak pilihan merk sari kurma, terserah teman-teman pilih merk apa. Kalau saya beli yang merk Al Jazira.
Alhamdulillah sehari minum 2-3 sendok sari kurma, besok paginya saat test darah jumlah trombosit naik banyak.
Sampai sekarang saya dan keluarga masih rajin minum sari kurma sehari 1-2 sendok untuk menjaga kesehatan. Karena banyak banget manfaat sari kurma untuk kesehatan tubuh.

Manfaat sari kurma:

- Memperkuat daya tahan tubuh.
- Mempercepat penyembuhan dari sakit
- Baik untuk pertumbuhan tulang anak-anak
- Meningkatkan kadar sel darah dan mencegah anemia
- Melancarkan buang air besar
- Memudahkan keluarnya dahat saat batuk
- Sangat baik sebagai nutrisi bagi ibu hamil & menyusui
- Efektif meningkatkan kadar trombosit bagi penderita demam berdarah
- Menjaga kesehatan kulit
- Sumber Antioksidan alami
- Mengobati sembelit
- Mencegah diare
- Meningkatkan energi tubuh
- Menjaga kesehatan sistem syaraf
- Menjaga kesehatan usus
- Menurunkan kolesterol jahat
- Menjaga kesehatan mata
- Membantu perkembangan sel otak pada bayi dan anak.
- Memperlancar saluran kencing
- Menambah vitalitas suami istri
- Menjaga kesehatan jantung
- Mencegah stroke
- Mencegah kanker
- Mencegah osteoporosis


(manfaat sari kurma dirangkum dari berbagai sumber)





16 komentar:

  1. aku pernah nyobain sari kurma niy, dan emang banyak banget ya manfaatnya maak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, rasanya enak & banyak manfaatnya :)

      Hapus
  2. aku jg rutin minum sari kurma ini mba.. skr sih utk jaga stamina aja ya.. dulu sempet rutin minum sari kurma yg ada kandungan herbal lainnya, yg katanya bgs utk nyuburin kandungan.. ntah bener krn itu ato memang udh waktunya dipercyakan Tuhan, hamil sih setelah lama nunggu ;D..

    BalasHapus
  3. memnag ya buah kruma ini banyak manfaat ya, walau aku kurang suka dengan rasanya

    BalasHapus
  4. Suka dengan sari kurma. Dulu ruitn mengkonsumsinya tapi sekarang udah jarang. Insya Allah mau rutin kembali ah soalnya manfaatnya banyak ternyata.

    BalasHapus
  5. Kurma memang buah yang mengandung banyak manfaat ya mba, kandungan gula di buah kurma juga diyakini gak menyebabkan diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aman diminum siapa saja :)

      Hapus
  6. Sari kurma memang banyak manfaatnya, ya. Saya minum kalo lagi demam. Apalagi dulu waktu kena dbd, tiap hari sampe berapa sendok. Btw, Kita ternyata belom saling follow blog. Sudah saya follow blognya,ya. :)

    BalasHapus
  7. Waktu trombosit darah saya turun juga minum sari kurma.
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  8. untuk sehari2 suka banget dengan kurma, asalkan nggak terlalu manis..
    sari kurma cuma minum sesekali aja
    manfaatnya banyak banget ternyata ya

    BalasHapus
  9. Betul sekali, bila trombosit turun, sekarang yang dicari tidak selalu jus jambu biji, tapi sari kurma.

    BalasHapus
  10. Banyak sekali ya Mbak, manfaat sari kurma yaaa. kalau bulan Ramadhan, aku suka beli dan doyan banget

    BalasHapus
  11. Iya bener mbak, saya sempat pingsan di kantor, kebetulan waktu itu bos-bos orang Arab, langsung deh disodorin sari kurma.. tapi saya gak suka, rasanya legit banget hihihi

    BalasHapus
  12. Wah saya dan bapak dulu konsumsi sari kurma, entah merknya apa. Bentuknya kayak madu tapi kental banget, rasanya manisss banget hehehehe... Badan jadi seger dan nggak gampang capek.

    Selain itu, juga minum madu hitam mbak biar nggak gampang sakit hehehe... :D

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)