Mengatasi Biduran dengan Air Kelapa




Sekitar 4 tahun yang lalu aku pernah mengalami biduran hampir setiap pagi. Rasanya aduhai gatal banget. Bentol-bentol kemerahan, kalau digaruk terasa nyaman. Tapi habis itu gatal & bentol semakin menyebar. Tersiksa banget. Tapi biasanya saat siang datang ruam kemerahan dan rasa gatal hilang sendiri. Mungkin alergi dingin, aku simpulkan begitu. Jadi aku gak minum obat apa-apa. Tapi kadang kalau gatalnya luar biasa aku minum obat penghilang gatal (maaf gak sebut merk ya ) biasanya gatal langsung hilang.

Eh ada yang belum tau apa itu biduran ? Biduran atau kalau di daerahku disebut biduren, dalam istilah medis disebut urtikaria adalah reaksi dari kulit yang menyebabkan munculnya bilur berwarna merah atau putih dan terasa gatal. Bilur atau bentol ini awalnya cuma muncul di satu bagian tubuh dan akhirnya menyebar. Gejala urtikaria ini bisa bertahan berjam-jam atau bahkan beberapa hari.

Salah satu penyebab biduren ini biasanya adalah alergi. Bisa karena alergi makan coklat atau kacang, kena debu, alergi jenis obat tertentu, alergi zat pemanis dan pengawet dalam makanan, gigitan serangga, atau faktor lingkungan seperti cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin.
Beberapa hari yang lalu saat pulang sekolah Zidan mengeluh punggungnya terasa gatal sekali. Benar saja kulihat punggungnya sudah kemerahan dan ada beberapa ruam/bentol yang mulai lebar bentuknya. Aku segera memberikan bedak penghilang gatal pada punggungnya. Lalu pundaknya, kakinya, pipinya.. duuh aku jadi bingung campur cemas. Aku memang pernah biduren tapi kalau anak yang mengalami kok jadi cemasnya berlipat-lipat ya..

Aku berusaha mencari tahu tadi di sekolah jajan apa, tadi main deket pohon apa gak ( pikirku bisa jadi kena ulat bulu saat bermain di halaman sekolah).
Entah kenapa tiba-tiba aku jadi ingat air degan / air kelapa muda. Buru-buru aku beli air degan dekat rumah. Beruntungnya di dekat rumahku ada beberapa penjual es degan. Murah lho segelas cuma 3500. Minta sama penjualnya air kelapa aja gak musah dicampur apa-apa.
Dan alhamdulillah setelah minum air kelapa, bentol-bentol dan gatalnya sembuh. Legaa bangeett.. Air kelapa memang dipercaya dapat menghilangkan alergi. Eh tapi kalau bidurannya belum sembuh setelah minum air kelapa, lebih baik periksa ke dokter ya. Akan lebih baik kalau tahu penyebab & pengobatan yang intensif dari dokter.
Oya aku juga pernah menulis tentang manfaat air kelapa hijau di sini.
Semoga bermanfaat dan selalu sehat yaa..


  

41 komentar:

  1. Ponakan lagi kena biduran. Ntar coba aku beliin air kelapa. Makasih tips nya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbk Ika.. Semoga keponakan cepet sembuh ya..

      Hapus
  2. Khasiatnya mantap. Saya jadi ingat ketika junior saya di SMA salah minum obat dan efeknya bentol hingga bengkak, berkat air degan langsung sembuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya air kelapa juga berkhasiat menghilangkan gatal & bentol akibat alergi.

      Hapus
  3. awal tahun sempat kena biduran gegara kena angin dingin dan kehujanan yang parah. efek Lembab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alergi dingin bisa menyebabkan biduran. Coba minum air kelapa aja, semoga gak biduran lg ya :)

      Hapus
    2. Minum kelapa hijaunya berapa lama gan? Soalnya ane lg biduran nih udah sebulan belom sembuh2 udah kedokter 2 kali minum obat ilang 3 hari doang nanti muncul lg biduran

      Hapus
    3. Minum kelapa hijaunya berapa kali? Soalnya saya lagi kena biduran nih udah sebulan lebih udah kedokter dua kali belom sembuh obatnya ngilangin 3 hari aja nanti muncul lagi

      Hapus
  4. Aku pernah juga biduran, minum obat apa aku lupa, langsung hilang bentolnya. Air kelapa bisa juga ya ternyata. Thanks for sharing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak.. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. Sama2 mbak.. Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  5. Suami dan anak2ku ada alergi dingin, debu, pasti biduran deh. Air kelapanya kudu kelapa degan ijo ya mbak? Atau semua kelapa muda bisa?

    keluargahamsa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Air kelapa hijau lebih bagus, mbk..

      Hapus
    2. Air kelapa hijau lebih bagus, mbk..

      Hapus
  6. Air kelapa tuh mujarab banget yah,,, selain untuk mengobati biduran juga banyak lagi manfaatnya antara lain mengatasi keracunan, menyehatkan rambut, juga bagi ibu hamil sangat cocok untuk kesehatan ibu dan janin. Tips: pilihlah air kelapa hijau asli (Biasanya yang ujungnya berwarna semu kemerahan)

    BalasHapus
  7. wah baru tahu kala alergi bisa diobati dg air degan

    BalasHapus
  8. air kelapa hijau ini juga dipercaya masyarakat untuk menawarkan racun bagi yang sedang keracunan, biduran mungkin semacam keracunan kecil atau alergi ya :)

    BalasHapus
  9. Baru tahu arti biduran. Ternyata air kelapa bisa juga ya buat alergi gatel gitu. Makasih infonya, ya...

    BalasHapus
  10. Baru tau. Aku taunya air kelapa itu bisa mengobati kondisi kurang cairan.

    BalasHapus
  11. Wiiih...aku malah baru tau nih mak, air kelapa hijau buat biduran. Siiip tar klo ketemu kasus yang sama bisa dicoba. TfS mak :)

    BalasHapus
  12. Wiiih...aku malah baru tau nih mak, air kelapa hijau buat biduran. Siiip tar klo ketemu kasus yang sama bisa dicoba. TfS mak :)

    BalasHapus
  13. Waaakh, aku baru tau kalau air kelapa bisa nyembuhin biduran ._. dulu aku seringnya minum CTM gitu sih -_- tapi efek ngantuknya itu loh

    BalasHapus
  14. bener banget nih.. dulu pas anakku makan telor untuk pertama kalinya ternyata dia alergi. reaksi alerginya berupa biduran, setelah minum air kelapa alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
  15. Aku dulu juga sering sekali biduren mbaa, dan selalu minum obat penghilang rasa gatal, sekarang sudah rajin minum air kelapa muda juga sih, semoga saja sudah ga muncul lagi itu bidurannya

    BalasHapus
  16. Oiya, air kelapa kan fungsinya sebagai detoksifikasi juga, ya Mbak.

    BalasHapus
  17. Ini pasti bidurannya terasa sriwing2 pqs dikasih air kelapa ya, Mbak. . .

    BalasHapus
  18. tetangga saya sudah 2 hari kena biduran, tapi di bawa kerumah sakit, ntr saya sampein aja ah, thanks infonya

    BalasHapus
  19. Saya cuma make Air kelapa di campur dengan madu.. cari-genset2 x sehari aja

    BalasHapus
  20. Wah tips nya sangat bermanfaat mbak :D Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami sboplaza.com ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  21. MAakasih ya tips nya. Salam blogger!

    BalasHapus
  22. saya biduren sejak maret sampai agustus ini mbk, saya minumi CMT, jamu, dll malah tambah parah :'(
    besok coba air kelapa deh....
    makasih ya mbk infonya :)

    BalasHapus
  23. Menggunakan cara alami biasanya memerlukan waktu yang agak lama untuk pengobatannya jadi sebagian orang lebih memilih obat apotek dari pada menggunakan obat-obatan herbal, padahal obat herbal menurut saya jauh lebih baik jika dinilai dari segi kesehatan... karena biasanya obat-obatan dari apotek memiliki dosis yang tinggi sehingga tidak semua orang boleh menggunakannya

    BalasHapus
  24. Biduran saya sering kambuh tanpa sebab. Terkadang pada bagian jahitan baju, karet, dan ketika kulit tertekan sampai membekas.
    Pernah curiga sama beef, namun ketika tiap hari sy kasih beef, tidak terjadi apa2.
    Gatalnya itu lho yang aduuuhhh..

    BalasHapus
  25. Minum kelapa hijaunya berapa kali ya saya lg biduran juga nih klo kena dingin langsung muncul sampe pala muka juga udah sebulan lebih udah kedokter dua kali obatnya ngilangin 3 hari doang nanti muncul lagi

    BalasHapus
  26. Mbaaa saya sedang mengalami alergi sudh seminggu gak kunjung sembuh obat pun gak sembuh bagaimana yah ngatasinya.. Jadi bentol bentol merah hilang timbul terus di bagian muka badan tangan kaki jadi ga nyaman... Tolong yah mbaa buat bantu share

    BalasHapus
  27. Semoga biduran aku jg bisa pulih.. Aku setiap hari kena.. Ga ada hujan,panas,debu,tetep aja numbuh sesukabhatinya biduran ini..

    BalasHapus
  28. Hanya berbagi pengalaman. Dulu istriku setelah suntik KB langsung bentol2 semua badan termasuk muka, aku periksakan ke dokter dan diberi obat...ga ada hasil...ada yg saranin minum degan wulung, waktu itu jam 12 malam, aku hunting dan akhirnya dapat..setelah minum itu berangsur angsur gatal hilang.. Fyi..degan utk obat paling bagus degan wulung (klo dibelah saput kelapanya berwarna ungu) harga lbh mahal dr degan biasa.. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  29. Makasih tipsnya.. Gatel" Dari krmaren blm sembuh huhu

    BalasHapus
  30. Wah, memang benar air kelapa banyak manfaatnya. Patut dicoba nih. Trims infonya Mbak ^__^

    BalasHapus
  31. Terima kasih infonya mbakbro
    ...soalnya aku ada punya alergi obat,debu,dingin,makanan

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)