Bahaya Petasan dan Kembang Api


Ada yang suka bermain petasan dan kembang api ? Di bulan ramadhan seperti ini petasan dan kembang api laris manis di pasaran. Banyak anak kecil dan bahkan orang dewasa suka banget main petasan. Walau sebenarnya aku juga gak ngerti hubungan petasan dan bulan ramadhan tu apa sih ?. Bahkan fungsi petasan apa ya selain bikin kaget dan bikin sakit telinga ?
Lucu juga kalo liat anak-anak kecil pada main petasan habis dinyalain, dilempar dan telinganya ditutup, terus ngapain juga nyalain petasan kalo telinganya ditutup hehehe...

Setahun yang lalu Zidan masih suka beli petasan gasing dan kembang api. Walau aku melarangnya tapi kadang rasa iba melihat anak merengek jadi kubeliin asal gak banyak.
Tapi seiring berjalannya waktu Zidan makin ngerti kalo petasan dan kembang api itu berbahaya. Karena dia juga sering melihat berita di tv akhir-akhir ini tentang bahaya petasan dan bahkan kembang api yang kayaknya aman-aman aja.

Aku miris sekali melihat sebuah berita tentang seorang balita di krian tewas saat bermain kembang api dengan kakaknya dan tiba-tiba kembang api di tangannya meledak. Balita tersebut mengalami luka bakar sangat serius hingga tak tertolong lagi ( baca disini )
Dan ada banyak peristiwa petasan meledak yang memakan korban luka serius akibat ledakan petasan bahkan meninggal dunia. Betapa berbahayanya petasan dan kembang api.

Dan yang tak kalah berbahaya adalah anak-anak bermain petasan di jalan raya. Jadi setelah petasan dinyalakan, petasan dilempar ke tengah jalan raya. Bagaimana saat ada yang melintas di jalan tiba-tiba petasan meledak ?.. Dan herannya lagi  saat menyalakan petasan anak-anak tadi didampingi orang dewasa didekatnya. Gak ngerti juga kenapa orang dewasa tak menegur mereka yang melempar petasan ke tengah jalan.

MUI sudah melarang umat Islam untuk menyambut ramadhan dengan menyalakan petasan karena memang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan juga dapat mengganggu ibadah seperti dikutip di Republika.

Pihak kepolisian juga sering melakukan razia petasan selama bulan ramadhan. Tapi kalau kita tetap membelinya dan seperti "membudayakan" petasan saat ramadhan kayaknya gak bakal habis-habis masalahnya. Mungkin kesadaran dari masing-masing individu dan masyarakat juga sangat berperan agar tak terjadi peristiwa memilukan dibalik petasan dan kembang api ini.


( sumber foto: berita.plasa.msn.com )



31 komentar:

  1. dulu waktu kecil aku jualan petasan lho tante. orang2 shalat tarawih di masjid aku jualan. eheheh

    BalasHapus
  2. Iya bahaya banget emang... gw inget dulu pernah di jalan pas malam takbiran, banyak org ngelemparin petasan ke jalanan. Bahaya bgt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sgt membahayakan pengguna jalan..

      Hapus
  3. Tetangga saya sudah ada yang merasakannnya Mbk.

    Kakinya melempuh akibat menginjak petasan secara tidak sengaja, tadi baru di bawa dirumah sakit.

    Dan kata dokter sakitnya parah tuh...

    Hati hati Mbk, terutama anak anak harus di patroli dengan ketat ya.

    Salam dari Jember

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagfirullah..
      memang sgt berbahaya petasan y mas..kl ada yg nyalain petasan lbh baik jgn deket2..

      Hapus
  4. sedari kecil udah pada takut bunyi yang menggelegar, makanya sampe sekarnag ga bisa menikmati petasan apaun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb..aku juga gak suka petasan..

      Hapus
  5. saya waktu kecil suka main petasan.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl sekarang udah gak suka main petasan lg kan :D

      Hapus
  6. Saya benci banget (dan takut) sama petasan, kembang api, dan sejenisnya. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mb..aku juga gk suka petasan..enak juga gak..berbahaya iya..

      Hapus
  7. Aku jg benci banget tuh. Petasan itu selain bahaya jg ngagetin. Brisik. Annoyin deh :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesel bgt kl lg pas tidur tiba2 bunyi petasan keras bgt ngagetin trs keseell jg..hhh..

      Hapus
  8. Aku paling ngeri dekat-dekat dengan anak2 yg sedang main petasan Mbak. Soalnya dulu pernah kena hantam petasan tak sengaja oleh teman-teman yg sedang main petasan di jalan. Sampai sekarang masih ada lukanya di kaki saya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku jg gk mau deket2 kl ada yg main petasan mb..ngeri..

      Hapus
  9. kemarin adikku juga cerita, deket tempat dia kkn ada anak2 yg main petasan di rel kereta, walhasil mereka g denger kalo ada kereta lewat trus ketabrak kereta deh... serem...
    bener2 harus jaga anak/adik biar g main petasan jauh2 dari mata memandang....

    mampir ke blog Q yang ini juga ya... http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/menjaga-pola-makan-sehat-di-hari.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagfirullah..sampe segitunya gara2 petasan y..

      trimakasih kunjungannya yaa..

      Hapus
  10. iya mbak, saya juga salah satu korban dari kembang api , kembang apinya di lempar adik saya terus masuk ke dalam baju dan akhirnya luka bakar dekat payu**** , sampai sekarang masih ada bekasnya. taun ini alhamdulillah gak ada petasan atau kembang api lagi, trauma mungkin adik saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. astagfirullah..
      petasan memang sgt berbahaya..smg gk ada korban lg akibat petasan ya mb..

      Hapus
  11. Alva ku ituh....klo ga dibelikan ngamuk. ngidupin petasan ga berani dan kdg buang sembarangan. hhhiikzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. dedek Alva hati-hati ya main petasannya :)

      Hapus
  12. aku kadang bete kalo denger bunyi petasan di atap rumah...:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampun sampe atap rumah petasannya mb..aku gk cm bete tp jg ngeri kyknya mb..

      Hapus
  13. aku gak suka suara petasan berisik, lagipula jadi buang2 uang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb..kl istilahnya zidan mah beli petasan itu = membakar uang :D

      Hapus
  14. kalo saya dari kecil suka buat mercon/petasan sendiri mbak

    tapi sekarang udah berhenti, karena eman uange dipake hal hal yg kurang bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata mas imam dl lihai meracik petasan ya ^_^

      Hapus
  15. Meski sudah ada yang melarang, tapi produsen tetap saja kekeueh memasarkan petasan ya, Mba. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb pdhl udah dilarang & udah srg razia tp tetep aja ada terus petasannya..

      Hapus
  16. tetapi kenapa penjual serta penggunanya kayaknya semakin banyaks aja

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)