Gethuk Pisang



Gethuk pisang atao dalam bahasa jawa lebih dikenal dengan gethuk gedang adalah salah satu makanan khas dari kota Kediri Jawa Timur. Olahan dari pisang ini rasanya manis legit dan dibungkus dengan daun pisang mirip lontong.

Keberadaan gethuk pisang sebagai salah satu ikon kuliner Kota Kediri telah mengguratkan riwayat tersendiri. Meskipun belum diketahui mengenai asal-usul si manis dari Kediri ini, namun tradisi pembuatan dan pengolahan gethuk pisang diyakini sudah berlangsung secara turun-temurun dan diwariskan lintas generasi. Konon, gethuk pisang ini sudah populer sejak zaman Kerajaan Kadiri.

Buat teman-teman yang berkunjung ke Kediri, jangan lupa membeli gethuk pisang untuk oleh-oleh ya. Gethuk pisang bisa dibeli di toko khusus oleh-oleh Kediri, lapak-lapak yang berjajar di tepi jalan raya maupun pedagang asongan. Harganya pun tak mahal, cukup Rp. 2500 - Rp. 5000 aja . Tergantung merk atau besar kecilnya ukuran gethuk yang dibeli.
Namun harus diingat kalau gethuk pisang ini dibuat secara alami tanpa bahan pengawet jadi hanya bertahan dua hari pada suhu ruangan atau bisa bertahan empat sampai lima hari jika disimpan di lemari pendingin.

Nah buat teman-teman yang ingin membuat gethuk pisang sendiri mudah banget caranya (resep diambil disini) :

Bahan yang dibutuhkan:

  • Pisang raja nangka sebanyak 5 sisir (10 kg), cuci bersih.
  • Gula pasir sebanyak 425 gram.
  • Garam secukupnya.
  • Daun pisang, sesuai kebutuhan.

Cara Membuat :
  1. Kukus pisang hingga matang, angkat dan kupas.
  2. Campur pisang, gula pasir dan garam.
  3. Padatkan adonan, biarkan uap panasnya menghilang.
  4.  Bungkus dengan daun pisang menyerupai lontong dan semat ujungnya dengan lidi.
  5. Hasilnya bisa mencapai 35 bungkus, tergantung takaran kita dalam membuat lontonngnya.
Tips:
  • Gunakan pisang yang tua, namun masih keras agar hasil getuk tidak lembek.
  • Saat menumbuk, sebaiknya pisang masih dalam keadaan panas agar cepat halus.
  • Bila menginginkan warna yang lebih cerah, bisa ditambahkan pewarna makanan.



*sumber foto: andikafm.com



49 komentar:

  1. Wow, fotonya kereen !! Kpn2 mertua ta kasih resep ini saja ya daripada beli :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibeliin gethuk pisangnya jg boleh mak..biar tambah disayang mertua *kedip

      Hapus
  2. baru tau kalo ada yang namanya gethuk pisang mbak, serius lho... kayaknya harus nyicip nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah baru tau ya..rasanya mak nyoos jos gandos lhoo.. *haiyaah :D

      Hapus
  3. Dulu suka makan gethuk pisang
    memang lezat dan manis
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih pakde kunjungannya..
      salam hangat :)

      Hapus
  4. Itu apa pisangnya harus yg raja nangka ya mbak? apakah kira2 bisa juga kalau dibuat dengan jenis pisang lain yang tingkat kekerasan buahnya lebih kecil dari pisang nangka, seperti kepok atau ambon misalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl bikinnya dari pisang nangka rasanya lbh mantap ada manis legitnya gitu :)

      Hapus
  5. gethuk, makanan favorit yang udah lama gak saya rasakan. jadi pengen ni mbak sayanya. hayo tanggung jawab! kiri ke Bandung! :D
    oia blognya aku follow mbak, jangan lupa follow back. Salam Bloofers!

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pernah cobain jg ya..enyaakk kan hehehe..

      meluncurr yaa..salam:)

      Hapus
  6. Beberapa hari yang lalu dari Malang banyak yang jual ni di kereta. Tpi ga beli,, bgaimana ya rasanyaa... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali cobain ya..pst nagih deh :))

      Hapus
  7. aku belom pernah nyobain gethuk pisang niy Mak..
    Masih ada samplenya :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampelnya ketinggalan di toko..hehehe..

      Hapus
  8. Gethuk rasane soko gedang. Moto ngantuk ayo nyeruput wedang. Ha.ha

    BalasHapus
  9. hmmmm yummy jadi ngiler nih pas puasa qodlo lagi,pengennn!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhiihi..ayo kopdar mb ntar aku bawain gethuk pisang :))

      Hapus
  10. Bkum pernah nyobain gethuk pisang deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dicobain kpn2 ya mb..uenaak lhoo :))

      Hapus
  11. Kalau sriping yang dari pisang suka, kalau gethuknya tuh nyereti ya, Mba. Harus menyediakan banyak minum kalau makan getuk ini. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe..iyo mb..sandinge kudu enek banyune :))

      Hapus
  12. wew,,, kayaknya enak nie... mau. mau.. :D

    BalasHapus
  13. salah satu makanan kesukaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pernah cobain jg ya mas.. :)

      Hapus
  14. kalau temanku dari kediri datang suka dioleh-olehi ini sayang aku gak terlalu suka manis mbak :) paling suka oleh2 kripik tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kl getuk pisang rasanya manis kl kripik tahu gurih & kriiukk :))

      Hapus
  15. salam kenal mbak..
    setanah air nih kita, saya orang kediri juga lo.
    baca postingan ini bikin saya inget rumah aja, kan jajanan khas kediri, rasane pingin muleh ae :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..haloooo mb pipit..salam kenal yaa..kl mudik bs kopdar dong kita :))

      Hapus
  16. waahh, bisa dibikin sendiri ya, bun? aku kayaknya pernah nyobain makan, tapi lupa dikasih sama siapa yaa. kalo dimasak sendiri tahan berapa jam ya, bun? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayooo sapaa yg ngasiih... ;)

      kl dimasak sendiri sama aja kok mb tahan lamanya, lbh aman simpen di kulkas lbh tahan lama :))

      Hapus
  17. belum pernah nyoba Mak... boleh deh kirim ke Cimahi hehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuuk mak kita kopdar ntar kubawain gethuk pisang :))

      Hapus
  18. Yaps, gethuk pisang memang oleh-oleh khas kediri selain tahu takwa. Rasanya legit apalagi kalo masih hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak is..kl anget rasanya lbh mantep :)

      Hapus
  19. Aku suka sama ghetuk pisang, tapi kalo bikin sendiri, gak ahli hehehe...

    BalasHapus
  20. Gethuk pisangnya memang enak sekali Jeng apalagi bila mendapat yang pisangnya sungguh matang. Karakter utamanya pada tidak tahan dan harus segera dikonsumsi ya Jeng. Salam

    BalasHapus
  21. Kalau di pikir pikir mending buat ya daripada beli soalnya kota kediri sangat jauh dengan tempat tinggal ku ..

    BalasHapus
  22. Mbak Enny, Menyemai Cinta yuuk :)
    http://forgiveaway.blogspot.com/2013/06/give-away-menyemai-cinta.html

    BalasHapus
  23. Jadi ngiler Mba, dan aku suka dengan gaya photonya. Lebih suka lagi kalau dikirimin gethuk pisangnya. Ha,,, ha,,, ha,,,

    Salam wisata

    BalasHapus
  24. Ke Kediri aja deh...daripada susah :D

    BalasHapus
  25. Eh baru tau ada Gethuk Pisang... itu bisa dikirim nggak? tahan berapa lama ya? pingin nyiciip

    BalasHapus
  26. ini nih makanan ksukaan wktu SD,,, byasax klo rkreasi ke Malang beli ini... jdi pengen lagi...

    BalasHapus
  27. ini nih makanan ksukaan wktu SD,,, byasax klo rkreasi ke Malang beli ini... jdi pengen lagi...

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)