Nasi Tumpang


Tahu nasi tumpang ?..
Nasi tumpang adalah nasi yang menggunakan kuah berupa sambal tumpang. Sambal tumpang sendiri merupakan sambal yang dibuat dengan bahan baku tempe yang sudah basi (tempe bosok) dan dimasak dengan ayam serta kadang-kadang rambak (kulit sapi). Cara penyajiannya sama persis dengan nasi pecel yang sudah populer. Plus ada peyeknya juga..

 penampakan nasi tumpang khas kediri

 menu yang disuguhkan selain nasi tumpang di lesehan jl.dhoho kediri

Nasi tumpang populer di daerah Kediri dan sekitarnya dan digunakan sebagai menu sarapan pagi, dijual di warung-warung makan di pagi hari yang hanya menjual nasi pecel dan nasi tumpang.

Di pusat kota Kediri, tepatnya di Jalan Dhoho, setiap malam di atas pukul 21.00 WIB, setelah pertokoan tutup, seluruh trotoar di jalan itu menjadi warung lesehan nasi pecel dan nasi tumpang. Mirip dengan lesehan gudeg di jalan Malioboro Jogjakarta gitu.

Soal nasi tumpang ini bener2 jadi favorit keluargaku di kediri deeh... Mulai ibuku, bapakku, kakak2ku semua ngefans banget sm nasi ini. Kakak2ku yang tinggal di jakarta kalo lagi mudik pasti yang dicari untuk sarapan pagi adalah nasi tumpang. Bahkan papito yang asli Jember juga doyan banget sama nasi tumpang.

Mau mencoba kuliner ini juga..yuuukk mareee..berkunjung ke Kediri :D


53 komentar:

  1. hadaeeuuh... malam ini nahan ngga makan.. eh malah liat yg beginian... jadi laperrrr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mb niken..lauknya pake tahu ato sate usus.. ^_^

      Hapus
  2. sama bundaaa... eh, kok kita sama" di kantin sini,,
    asyiiik ada yang traktir :D #ngarep

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuukk mb..kl kita kopdar kutraktir nasi tumpang yaa ^_^

      Hapus
  3. Waduuuh,nggak tahan liat penampakannya..,ngileeer ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh mak waya sampe ngiler..hehee..kpn kopdar nih mak..ntar kutraktir nasi tumpang yaa ^_^

      Hapus
  4. Waaa.... enaaak.... ngences nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mak lusi sampe ngeces..mau mak ?..kl kopdar ye mak kutraktir nasi tumpang :D

      Hapus
  5. saya sudah pernah coba, lumayan rasanya, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan mak nyuuss ya mas gandi ? ^_^

      Hapus
  6. wah belum pernah tau nasi tumpang. kalo nasi tumpeng baru tau... :D

    BalasHapus
  7. Sambal tumpang itu dengan aambal krecek yang di gudeg itu beda ya?
    belum pernah nyicip nasi tumpang nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda, mb.. sambel tumpang warnanya coklat muda dan aromanya khas campuran dr tempe sm ayam ato rambak jg bisa..

      Hapus
  8. walo belum pernah mencoba, tapi asal katanya pecel pasti doyan deh. tinggal datang ke Kedirinya aja yang belum hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mb nic ke kediri..makan nasi tumpang di lesehan jalan dhoho :)

      Hapus
  9. Favorit banget.....
    ngga kelewat kalau ada nasi tumpeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh..favoritnya nasi tumpang ato nasi tumpeng mas .. ^_^

      Hapus
  10. lapppeeerrrrr.....
    jadi kangen Pare nih mbak... habis gowes... makannya sambal tumpang di DPR (Di bawah Pohon Rindang)....
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiih..tkkirain DPR mana..taunya Di bawah Pohon Rindang :D

      Hapus
  11. dengan daun pisang itu rasanya lebih maknyus.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lain rasanya kl disajikan menggunakan daun pisang..lebih mak nyuuuss ^_^

      Hapus
  12. wah enaknya .... jadi laper nih ..pengen nyobain, adanya di kediri aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mb..biasanya warung nasi tumpang hanya ada di kediri & sekitarnya.. kecuali kl sambelnya bikin sendiri..
      lain waktu ku share resep sambel tumpangnya yaa..biar bisa coba bikin dirmh :)

      Hapus
  13. makan lesehan di pinggir jalan emang asik ya . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..makan nasi tumpangnya enak ditbmbh suasana lesehannya..duh nikmatnyaa serasa dunia milik sndiri,, *lebay :D

      Hapus
  14. Kalau saya nggak pernah beli, karena istri rajin bikin sambel tumpang...
    Makan bisa nambah terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah enaakk tuh pk mars..bisa bolak balik nambah hehe..
      aku blm prnh sukses bikin sambel tumpang :D

      Hapus
  15. Wuih...lauk pauk nya....mantappp bgt mba...
    Sayang jauh bgt ya di kediri.... Hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iya biasanya cm ada di kediri & sekitarnya aja.. ^_^

      Hapus
  16. Aku dulu pernah tinggal di jalan Dhoho, lo mbak. :D
    tapi waktu itu belum kenal nasi tumpang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..ternyata prnh tinggal di kediri jg mb..yuk kpn2 ke kdr lg ^_^

      Hapus
  17. bentuknya gak seperti nais tumpeng pada umumnya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini nasi tumpang lho mb lid..bukan nasi tumpeng ^_^

      Hapus
  18. beuuhh.. pas banget nii siang siang gini.. apalagi minumannya pas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..boleh boleh..mau es teh ato es jeruk :D

      Hapus
  19. wah kayak nasi pecel ya...mau dunk he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iya mb.. cm bedanya di sambelnya aja lbh kentel..

      Hapus
  20. eh...
    tadinya aku pikir nasi tumpeng lho...
    beda yah ternyata?

    ngiler nih...tapi harus ke Kediri dulu yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..iya beda mb erry..
      yuk kekediri..cepet pesen tiket kereta api yaa.. ^_^

      Hapus
  21. salam kenal mbak... saya juga suka ngeposting ttg makanan nih :) sila mampir omnivoreme.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii..salam kenal jg b niken..
      daku meluncuur yaa ^_^

      Hapus
  22. nasi pecel sambel tumpang ini favorit saya banget Mba Enny. dulu di Surabaya deket rumah saya ada yang jualan. nama warungnya pecel nyamleng. tapi sekarang di Surabaya yabg saya tahu udah jaraaaang banget yang jual. kangen bangeet. jadi pwngen maen ke Kediri. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..iya kayaknya nasi tumpang selain di kediri jadi langka.. *haiyyaahh lebaayy :D

      Hapus
  23. huft disnin mah adanya juga nasi liwet dan nasi T.O -____-

    btw bukanya pukul 9 malam apa tidak pada takut obesitas kah :D | kalo disini mah suka dilarang makan malam! hihihi, tapi kadang ada juga warung nasi yang buka sampai ytengah malam namun di belah kotanya!

    #ciamis! heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iyaa pd gak takut obesitas yaak..gak kepikiran..hahaha..

      Hapus
  24. Eh, di Solo juga banyak lho yang jual,...
    Tapi ndak begitu suka kuahnya,... mendingan Nasi Liwet,.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..kuanhya memang kentel dan aromanya khas gitu ^_^

      Hapus
  25. Kayanya enak bangat Mba Enny Nasi Tumpangnya... jadi lapar lagi... hehehehe

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)