Yuukk..Menanam Pohon..


Pengen ngajak temen-temen yang baca postingan ini..yuukkk tanam tanaman sebanyak-banyaknya. Gak usah jauh2 nanamnya, tapi cukup di halaman rumah kita aja.
Coba deh bayangin kalo tiap rumah nanam satu pohon aja, 50 rumah sudah dapet 50 pohon..banyak yaa..

Trus kalo pohonnya banyak emangya kenape mak..??..
Nah..selain berfungsi sebagai peneduh dan memperindah pekarangan rumah kita, banyak pohon juga dapat menurunkan suhu udara di sekitarnya menjadi lebih sejuk.
Pohon juga mampu menyaring gas CO2 dan timbal sehingga memperbaiki kualitas udara di sekitarnya. Bagi temen-temen yang menanam pohon di pekarangan, ada banyak nilai tambah yang bisa dihasilkan pohon tersebut bila diatur dengan tepat.

Kita dapat menghemat penggunaan AC lho dengan menanam pohon peneduh yang rindang disekitar rumah, selain itu pohon dapat menjadikan lingkungan semakin asri karena menarik satwa liar seperti burung untuk berkunjung ke pekarangan kita. 
Hhmm..asyik ya ngebayangin ada burung yang berkunjung ke halaman rumah kita.

Selain menjadi AC alami saat musim panas, pada musim hujan pohon yang rimbun justru menghalangi hembusan  angin secara langsung ke dalam ruangan, sehingga rumah terlindung dari udara dingin. 
Dan kita pun turut berpartisipasi menekan pemanasan global dengan menanam pohon. 
Pohon menyerap gas seperti karbondioksida sebagai salah satu penyebab efek rumah kaca, dan menyimpannya dalam seluruh bagian tubuhnya dalam bentuk karbon. 
Wuuiihh..banyak kan manfaatnya..asyiik kann.. :))
Gak rugii deehh nanam pohon..

Trus kalo gak punya lahan buat nanam pohon gimana doongg...??..
Nah kalo aku nih..berhubung rumahku juga gak punya halaman yang luas, bahkan sudah dipasang paving semua daku nanamnya di pot.
Ada pohon palem merah, palem bali, bunga anggrek, kamboja, ekorbia, lidah buaya, tanaman cabe dll semuanya di pot. Ada juga bibit pohon sirsak, kunyit..dikasih tetangga sih..hehe tapi tetep nanamnya di pot.

Enaknya kalo pas lagi panen..maksudku kayak tanaman cabe, lidah buaya, daun pandan pas udah gede-gede bisa kita manfaatkan hasilnya. Mau bikin sambel tinggal metik cabenya, mau bikin kolak tinggal petik daun pandan, mau pake masker bisa pake lidah buaya..hehe..
Sekarang lagi pengen nanam mangga di pot. Tapi belum dapet bibitnya ;)


pohon palem bongkol merah yg kutanam di depan rumahku 


 penampakan cabe merah yang kutanam di halaman


 bungaku lagi mekar. di halaman.cantiik yaa :)
eh maaf bola Zidan & sandal jepitku ikut nongol hiihi..

  
'panen' lidah buaya, bisa bikin agar2 ato sirup juga :D

Dan jangan salah lho walo nanamnya di pot tapi tetep bikin adem n sejuk. Saat siang hari udara panas, tetap  terasa semilir angin sejuk waktu duduk-duduk di teras. Subhanallah..
Belum lagi kalo pagi sekitar jam 6-7 pagi ada burung-burung kecil deket tanamanku. Gak banyak sih biasanya cuma 2 ato 3 ekor. Tapi suasananya jadi lain mendengar cicit burung kecil. 

Gimana temen-temen..mau nanam pohon juga kan..?.
Mau dong yaa..kutunggu ceritanya tentang penanaman pohon di pekarangan rumah temen2 yaa.. :)




35 komentar:

  1. Wah... Asri sekali tempat tinggalmu mbak Enny... Aku harus menumbuhkan semangat menanam nih... Di rmh cuma ada bbrp tanaman saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak banyak kok mb niken yg kutanam, maklum halaman terbatas ^_^

      Hapus
  2. Wah Mbak, awal punya rumah pengen punya taman yang asri. Kesini-sininya malah berubah jadi kebon, karena lebih berguna untuk sehari-hari. Bukan lagi bunga tapi jadi singkong, pepaya, dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mb..asyik doong.. punya kebun bs ditanami macem2..aku sbnnya mlh pgn nanam sayur2an jg, tp apa daya lahan tak ada :D

      Hapus
  3. mari kita menanam mari lihat kost kostan mungkin anda berminat

    BalasHapus
  4. ayoo...tapi kalo saya suka nanem di luar pot Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sbnrnya lebih enak di luar pot..tanaman bisa lebih 'leluasa' tumbuh..tp krn apa daya lahan cm seiprit gk bisa nanam di luar pot :D

      Hapus
  5. saya juga punya mbak, meskipun tinggal di apartemen, banyak bunga yang kutanam. pengen aku posting sebenarnya, sampai sekarang belum kesampaian. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..boleh dong kpn2 diposting bunga2nya mb :))

      Hapus
  6. Blognya adem ya mbak :)
    Senang berkunjung kemari, ditambah dapat ilmu yang banyak

    Mari menananm pohon ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih kunjungannya mb :)

      yuukk mari menanam pohon :D

      Hapus
  7. rumah saya di jombang juga lumayan asri mbak enny :D

    banyak pohon mangganya, kalo musim panen kayak sekarang enak mbak, nggak perlu beli mangga di pasar, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh..asyiik ada pohon mangga..aku pengen bgt nanam pohon mangga :D

      Hapus
  8. Jadi ingat Quote gini "Waktu pertama yang cocok buat nanam yakni 20 tahun lalu. Dan waktu kedua yakni SEKARANG."


    Mari menanam phon :D

    BalasHapus
  9. Dalam satu RT di lingkungan saya, kayaknya rumah saya paling banyak pohonnya.
    Jalan depan rumah yg menanami pohon juga hanya saya dan beberapa orang yg jumlahnya nggak banyak.
    Sekolah saya barusan menanam seribu pohon. Bukan kiasan tapi bener2 1000

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.kereen pak Mars bener2 1000 pohon, jd ngebayangin pst sgt rindang & adeemm ^_^

      Hapus
  10. walo saya nggak punya halaman (saking sempitnya lahan), tapi saya telah meletakkan aneka tanaman dalam pot untuk penyejuk ruangan, dan alhamdulillah kalo siang nggak terasa panas lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama pak Is halaman rmh saya jg gk luas alg sdh terlanjur di paving..jadinya nanamnya di pot..tp tetep adem ya ^_^

      Hapus
  11. Mba Enny, halaman belakang rumah saya juga saya jadikan ajang tanam menanam. Seger rasanya.
    Yang ditanam di sana sih mulai dari kacang ijo, cabe, pepaya, tomat, kangkung sama anggrek.
    Bukan menanam sih, yang ada nyebarin (ngebuang) biji dari buah dan sayur yang dibeli. eh lha kok tumbuh. tanah surga emang.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..mas dani kebunnya lengkap mulai kacang ijo sampe pepaya ada..
      asyiknya kl udah panen nih..serasa punya pasar dirumah :D

      Hapus
  12. di halaman rumah yg sak uprit nggak kami paving semuanya
    Memang disisakn sepetak buat tanam jambu
    Sudah beberapa kali berbuah, bisa bagi2 tetangga
    udara sejuk, silaturahmi dapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah asyik ya mb py pohon jambu..di tempatku jarang sekali orang nanam jambu. Bahkan di pasar buah jambu jg susah didapat.
      mau dong mb monda kpn2 kirimi jambunya.. ^_^

      Hapus
  13. rumahku juga halamannya mini banget mak, jd nanem beberapa bunga di pot itupun ngambil dr rumah ortu hihihi. Punya keinginan cari rumah dengan halaman yang luas sih, biar bisa nanem macem2 tapi nabung dulu lah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk pa2 mak..aku nanamnya jg di pot.. tp nanam di pot jg tetep adem kok mak 'efek samping'nya ^_^

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam wr wb,

      trmakasih pk..
      selamat hari raya Idhul Adha, mohon maaf lahir & batin :)

      Hapus
  15. bilang' "hayyukkk,,.. " aja deh! hehehehe, semangat!!!

    BalasHapus
  16. mamah mertua sy yg suka sekali & telaten sm tanaman, untungnya menurun ke suami.. Jd di rumah adalah beberapa tanaman walopun halaman rumah cuma seuprit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mb..halaman rmhku jg seuprit..jd nanamnya di pot ^_^

      Hapus
  17. hks tempatku masih kurang tanaman nih mbak

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)