Cara Melaporkan Konten Pornografi di Instagram melalui Android


Saya menggunakan Instagram sejak tiga tahun yang lalu. Suka sama aplikasi ini. Bisa share foto dan banyak info lomba, Giveaway mau pun dapat job endorse di Instagram hehehe.. Asyik ya.
Tapi sayangnya saat ini banyak konten pornografi bertebaran di Instagram. Mulai porno terselubung di akun "obat pengencang" dan "tahan lama" sampai yang terang-terangan gelar lapak pornoaksi di akunnya. Terus terang saya sangat khawatir dengan hal ini. Karena pengguna Instagram gak cuma orang dewasa tapi juga anak-anak, termasuk anak saya, keponakan-keponakan, anak-anak teman saya dan anak-anak di Indonesia yang mungkin sudah ribuan jumlahnya menggunakan Instagram.

Karena kekhawatiran ini akhirnya saya mencoba melaporkan foto/video dan akun yang berisi konten pornoaksi. Dan ternyata tanggapan dari Instagram sangat baik dan lumayan cepat.
Saya ingin mengajak teman-teman untuk melaporkan akun yang bermuatan porno di Instagram ke pihak Instagram. Demi menyelamatkan generasi penerus bangsa agar tidak rusak akibat konten pornografi yang bertebaran di Instagram. Caranya mudah sekali.

- Melaporkan foto/video pornogarfi

1. Masuk aplikasi Instagram dan klik tiga titik di kanan atas foto/video yang akan dilaporkan. Akan muncul tampilan seperti di foto, lalu pilih/klik Laporkan.


2. Setelah itu muncul tulisan Ini Spam dan Ini Tidak pantas. Pilih/klik Ini Tidak pantas.



3. Lalu pilih/klik Ketelanjangan atau pornografi.



4. Pilih/klik Laporkan.

 5. Langkah terakhir akan muncul ucapan terima kasih dari pihak Instagram karena telah melapor. Tinggal kita menunggu notifikasi dari Instagram tindakan apa yang diambil dari pihak Instagram atas laporan kita. Oya jangan khawatir pihak Instagram tidak akan memberitahukan siapa pihak yang melaporkan konten pornografi kepada siapa pun.


- Melaporkan Akun yang Berisi Konten Pornografi 


1. Klik tiga titik di kanan atas akun yang akan dilaporkan, Lalu pilih/klik tulisan Laporkan.




2. Setelah itu muncul tulisan seperti di foto, pilih/klik Ini tidak pantas.





3. Muncul seperti foto di bawah ini, lalu pilih/klik Saya yakin akun ini melanggar pedoman komunitas Instagram.




4. Lalu muncul tulisan seperti foto di bawah ini, pilih/klik Mengirim konten yang tidak pantas.



5. Pilih/Klik Ketelanjangan atau pornografi.





6. Langkah terakhir akan muncul ucapan terimakasih dari pihak Instagram. Tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak Instagram tindakan yang diambil oleh Instagram.




Pemberitahuan dari Instagram atas Laporan dari Pengguna Instagram

1. Kita akan mendapatkan pemberitahuan dari Instagram atas laporan yang kita kirimkan. Biasanya 1-2 hari dari waktu melapor, kita akan mendapatkan tanggapan dari pihak Instagram.




2. Untuk laporan foto/video kita akan mendapatkan laporan seperti ini bila foto/video yang kita laporkan termasuk konten pornografi.



3. Untuk laporan akun yang mengandung konten pornografi kita akan mendapatkan pemberitahuan seperti berikut:



Mudah kan? Yuk, jangan ragu-ragu untuk melaporkan konten pornografi di Instagram demi keselamatan moral anak-anak kita, generasi penerus bangsa. Pengguna Instagram yang melaporkan konten pornografi identitasnya dirahasiakan oleh pihak Instagram.
Semoga postingan ini bermanfaat :)




10 komentar:

  1. Agak bingung sihh yah karena buanyakk banget berseliweran. Beneran mudah banget ditemui atau di cari kontennya dan IG gak ada mode terbatas yah kaya youtube. Kaya akun yg cerbung itu aja udah ratusan kloningannya. Keknya memang harus dibenahi sistem untuk mebatasi nya.. beneran bingung hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..saya prihatin banyak konten porno di Ig :(

      Hapus
  2. Ternyata bisa dilaporkan ya konten yang nggak pantas itu. Kirain memang dilegalkan instagram.

    BalasHapus
  3. Kemarin udah coba juga tapi gak bisa-bisa. Apa harus follow akunnya dulu ya? Soalnya akun privat sih, jadi aku sendiri belum lihat postingannya. Hanya diajak utk melaporkan karena kontennya pornografi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak harus follow bisa kok mbak nglaporin akunnya.

      Hapus
  4. Thanks for sharing mbak... Aku jg suka report akun2 yg nyebarin SARA :(

    BalasHapus
  5. wah sangat bermanfaat sekali min, emang harus dilaporkan kalo ada konten-konten yang mengandung pornografi itu baca referensi di artikel ini

    BalasHapus
  6. Nice info mba, akan lebih baik bila pihak Instagram pro aktif memblock akun yang tak sesuai policy & pemerintah juga perlu membentuk semacam polisi internet khusus untuk mengawasi konten sosmed ya.

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)