Ibuku Hebat


Hari ini aku tiba di Kediri, kota dimana aku lahir dan tumbuh. Kota yang penuh kenangan, kota yang selalu dihatiku.
Libur sekolah yang panjang aku habiskan di rumah ibuku. Zidan senang sekali saat liburan sekolah tiba, saat yang sangat ditunggu liburan di rumah nenek dan kakeknya.

Ibu dan aku saat pernikahan sepupuku

Setiap aku berada di rumah ini, aku merasakan banyak hal dan kenangan masa kecil seperti memenuhi ruang hatiku. Masa yang indah, masa saat aku bermain dengan kakak-kakakku, masa saat bermanja dengan ibuku, bapakku, almarhum nenekku...
Memang tak selamanya indah..ada saat dimana kegembiraan surut berganti dengan kesedihan. Saat dimana keadaan ekonomi keluarga kami terpuruk, padahal saat itu aku dan kedua kakakku masih kuliah. Aku ingat betul perjuangan ibuku untuk mengatasi keadaan saat itu. Satu persatu perabot rumah kami dijual untuk membiayai kuliah. Bahkan kami hanya punya beberapa buah sendok saja dirumah karena sendok yang biasanya disimpan beberapa kotak di lemari harus dijual karena kebutuhan yang mendesak. Ah ibu...ibuku yang tangguh, ibuku sayang yang harus terus berjuang untuk anak-anaknya...

Ibuku tak pernah meminta pada siapapun walau keadaan kami terpuruk saat itu, ibu memilih terus berjuang untuk memenuhi kebutuhan. Ibuku dulu seorang guru SD (sekarang sudah pensiun). Waktu aku kecil ibu dan nenekku membuat es lilin untuk tambahan. Aku dulu sering ikut nenekku menitipkan es lilin di warung-warung. Ah, menyenangkan sekali... Es lilin buatan ibuku cukup dikenal di desa kami. Terutama rasa coklat dan kacang ijo. Bahkan saat ibu memutuskan untuk tidak memproduksi es lilin lagi masih banyak orang yang mencari-cari es lilin buatan ibu.

Tapi memang perjuangan ibu tak sia-sia..kini anak-anaknya sudah menyelesaikan kuliah dan hidup berkecukupan. Semua karena ibu.. Doanya, perjuangannya..

Ibu..
Tahukah ibu rasa yang bergejolak di dadaku ?
Rasa sayang yang tak terhitung..
rasa bangga yang bergemuruh..

Ibu..
kesederhanaan dan cintamu..
kelembutan dan kekayaan hatimu..

aku banyak belajar darimu, bu..
bagaimana menyikapi hidup..
bagaimana memaafkan dengan tulus..
bagaimana membuang prasangka buruk..
bagaimana menyayangi tanpa putus..
bagaimana harus terus berjuang tanpa menyerah..


Ibu..
Banyak doa dan cinta untukmu, bu..
Aku sayang ibu..
Selalu..

Selamat hari Ibu untuk semua ibu di seluruh dunia..



(persembahan untuk Ibu Rumini, love you so much mom..)


http://4.bp.blogspot.com/-naOo89VU0pI/UraZrSO-8tI/AAAAAAAADMg/ME0PSqF4iXk/s1600/BannerHariIbuKEB_zps8670007d.jpg



22 komentar:

  1. selalu brebes mili kalau denger Melly goeslaw itu..
    selamat Hari Ibu untuk Ibu dan Ibunya *halah mbulet* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb..aku berulang kali dengerin lagu melly yg ini tp tetap aja msh nyeeesss rasanya..

      Hapus
  2. met hari ibu mak... wah, jadi ngebayangin es lilin yg kacang hijau itu... yg pakai santan ya? itu salah satu favorit saya juga... yummm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mak es kacang ijo yg pake santan..manis gurih kruueess... hehhehe

      Hapus
  3. selamat hari Ibu, btw ibu saya juga hebat ko hehe

    BalasHapus
  4. ahh lagunya Bunda ituh menyentuuh..
    selamat hari Ibu Bundanya Zidan

    BalasHapus
  5. seharian ini radial jg nyanyiin lagu ini utk mimi nya...smg Ibunda selalu sehat ya mam

    BalasHapus
  6. selamat hari ibu mba Enny..
    ibunya nanpak masih segar, semoga sehat selalu ya..

    BalasHapus
  7. Ibu slalu heubat...Moga slalu sehat buat Ibunya ya jeng.

    BalasHapus
  8. Helowwww mba Eni caem, aih suka banget baca artikelmu ini. Emang Mom is the best in the world yaa :) Slm kangen smua ..big hug

    BalasHapus
  9. Allah menciptakan makhluk yang dipanggil ibu ini dengan cetakan khusus. Hati yang begitu artistik, yang dia persembahkan semua untuk anak-anaknya.
    Bahagia banget ya Mbak Enny, bundanya Mbak masih sehat dalam mendampingi anak-anaknya. Selamat ya :)

    BalasHapus
  10. Salam untuk ibu, Mak :)

    Lagi jalan-jalan di blog Mak Enny.
    Good luck for Srikandi Blogger 2014 ya :)

    BalasHapus
  11. Wiuhhhh....merinding, punya Ibu nggak masuk Surga rugiiii.
    Moga rasa sayang ke Ibu selalu ada dan berapi api.

    BalasHapus
  12. Јuѕt want to say your article is as amazіng. The clearness inn your post is just nice and i can assume you're ɑn exprrt on this subject.
    Fine with your permission let me to grab your feeɗ to keep updated
    with forthcoming post. Thanks a million and please continue the rewarding ԝork.


    Αlsoo visit my web blog :: pimsleur spanish

    BalasHapus

* Komentar yang mengandung unsur SARA, provokasi, judi & pornoaksi tidak akan ditampilkan.
Terimakasih sudah memberikan komentar yang baik :)